Cara Mengganti / Reset Admin Password Pada WordPress

Me-reset / Mengganti / Mengubah Admin Password Pada WordPress
Admin password / password untuk login bisa diganti / di reset dengan beberapa cara, antara lain :

  • Mengganti password dari dashboard wordpress
  • Mengganti password via email
  • Reset password via phpMyAdmin

Admin password adalah bagian terpenting dari aplikasi CMS suatu website, karena untuk masuk ke halaman editing wordpress, seseorang harus mengisi username dan password dengan benar. Jika isian data password dan username salah, maka wordpress akan menolak permintaan untuk masuk ke dashboard.
Bagi pihak yang tak berkepentingan, dengan mengetahui username dan password suatu cms (misalnya password dan username dari suatu admin wordpress), maka orang tersebut bisa masuk (login) ke dalam dashboard, dan bisa merubah (menghapus, menambah, mengurangi) konten yang telah ada. Data password suatu website bisa diketahui dengan berbagai cara yang bisa ditempuh oleh seorang hacker.
Oleh karena itu, agar data yang telah kita buat bisa tetap aman, dibutuhkan penggantian password yang dilakukan secara berkala (regular), misalnya pergantian setiap bulan.

A. Penggantian admin password via dashboard wordpress.

Menu User Pada Dashboard WordPress

Gbr 1. Ikon Menu User Pada Dashboard WordPress

Metode ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Sebelum penggantian, anda masuk dulu ke dashboard melalui admin login, kemudian arahkan kursor ke tulisan shortcut menu Users sebelah kiri bawah, seperti pada gambar 1 di atas (yang diberi tanda panah berwarna merah). Selanjutnya klik kiri tulisan “Users”, sehingga tampilan berubah menjadi seperti gambar berikut :

Tampilan Menu UsersGbr 2. Tampilan Menu Users

  • Dari gambar 2 di atas, klik kiri tulisan “Your Profile” sehingga tampilan berganti menjadi seperti gambar 3 berikut ini :

Menu Profile WordPress

Gambar 3. Menu Profile Pada WordPress

  • Pada gbr 3, dibawah tulisan “Account Management” terdapat tulisan “New Password”, yang di sebelah kanannya ada kotak bertuliskan “Generate Password“. Jika ingin mengganti password menggunakan fasilitas wordpress, maka anda cukup mengklik tulisan “Generate Password” tersebut, sehingga akan muncul password baru (jika anda merasa password yang diberikan kurang rumit, lakukan klik kiri berkali-kali, hingga anda merasa cocok dengan password yang ditampilkan). Jika anda ingin menulis sendiri password yang baru, lakukan penulisan password di suatu dokumen di luar wordpress, kemudian copy password tersebut, dan selanjutnya paste pada kotak yang bertuliskan “Generate Password”.
  • Setelah semua selesai, lakukan klik kiri pada kotak yang bertuliskan “Update Profile“, sehingga password yang baru tersimpan di wordpress.

B. Reset Password Via e-mail

Admin password (login password) juga bisa diganti melalui email. Email yang dimaksud adalah email yang digunakan pada saat proses instalasi wordpress, atau email utama untuk proses administrasi suatu website. Pada umumnya website menggunakan email administrasi umum yang diberi nama admin@namadomain. Langkah-langkah proses penggantian password via email sebagai berikut :

  • Masuk ke dashoard login pada website anda dengan mengklik shortcut login, atau masuk dengan mengetik namadomain/wp-admin/, yang selanjutnya akan berubah menjadi tampilan berikut ini ;

tampilan login page wordpress

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 4. Tampilan Login Page WordPress

  • Pada gambar 4, untuk mulai mengganti password, anda harus melalukan klik kiri pada tulisan “Lost Your Password?” yang berada di bawah tombol Log In. Setelah melakukan klik kiri pada mouse, tampilan akan berubah menjadi seperti gambar 5 berikut ini.

Tampilan Pengisian Username Or e-mail

Gbr 5. Tampilan Pengisian email untuk reset password

  • Setelah tampilnya gambar 5, langkah selanjutnya adalah memasukkan nama email (pada gbr.5 contoh nama email saya tulis dengan admin@webisteanda). Setelah nama email anda masukkan pada kotak “Username or Email“, langkah selanjutnya adalah klik kiri tombol “Get New Password“.
  • Setelah selesai klik kiri pada tulisan “Get New Password”, cek kotak inbox pada email and. Buka inbox, klik link url untuk melakukan penggantian password. Lakukan instruksi-instruksi selanjutnya, hingga proses penggantian password selesai dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.