HOVERCRAFT, SARANA TRANSPORTASI EFEKTIF UNTUK WILAYAH MARITIM

Hovercraft bekerja menggunakan prinsip gaya angkat dan dorong menggunakan tenaga angin ke bagian bawah dan belakang. Prinsip kerja ini membuat hovercraft mampu beroperasi di segala medan ; perairan di seluruh tingkat kedalaman, darat, dan udara.

Teknologi hovercraft terus dikembangkan di negara-negara maju, yang kebanyakan dilakukan oleh sektor swasta. Hingga kini hovercraft telah digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain :

  • Transportasi penumpang dan barang antar pelabuhan selat atau sungai, yang mampu beroperasi pada minimnya infrastruktur pelabuhan. Hovercraft telah lama digunakan sebagai alat transportasi laut dan penyeberangan di berbagai negara maju. Laju yang lebih baik dibanding kapal-kapal ferri konvensional membuat sarana transportasi ini bisa menjadi pilihan jika dikembangkan di Indonesia.

Pada video di atas terlihat bahwa hovercraft memiliki kecepatan sangat tinggi, dan mampu beroperasi dalam infrastruktur yang minim

  • Transportasi dan alat pertempuran militer. Sebagai sarana transportasi militer, hovercraft digunakan untuk pendarat pasukan dan peralatan tempur (seperti panser, dsb). Military Hovercraft juga bisa digunakan sebagai peralatan SAR pada daerah-daerah yang mengalami bencana alam. Sebagai contoh, hovercraft militer USA pernah digunakan di Aceh beberapa saat setelah tsunami. Pada saat terjadinya tsunami di Aceh, praktis hampir semua infrastruktur hancur. Namun hovercraft yang membawa bantuan dapat dengan mudah masuk dalam situasi infrastruktur yang sangat buruk saat itu.
  • Alat transportasi SAR dan medis untuk daerah-daerah pedalaman yang sulit dijangkau oleh alat transportasi konvensional. Pada wilayah-wilayah yang lebih mudah dijangkau melalui sungai atau rawa-rawa, penggunaan hovercraft tentu lebih unggul dibanding sarana transportasi darat maupun alat transportasi sungai konvensional.
  • Alat transportasi udara maritim, yang mampu menghubungkan antar pulau-pulau kecil dengan kecepatan tinggi. Beberapa produk pesawat maritim yang menggunakan teknologi hovercraft saat ini sudah tersedia di pasar, antara lain airfish-8 dan new airfish-8, seperti terlihat pada link video berikut :
  • Untuk sarana hiburan, khususnya bisa digunakan untuk balapan dan berbagai jenis perlombaan lainnya.

Misi pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur perhubungan tentu sangat sulit dilakukan pada daerah-daerah yang minim penduduk atau pulau-pulau kecil yang jarang penduduknya. Tak hanya itu, pengembangan infrastruktur juga terkendala pada beberapa sebab-sebab lain yang membuatnya tak mungkin dilakukan pada daerah-daerah tertentu. Pada daerah-daerah ini lah perlunya dikembangkan sarana transportasi alternatif, yang salah satunya berjenis hovercraft.

Besarnya resiko keamanan dan pertahanan yang muncul akibat dari pentingnya possisi strategis Indonesia membutuhkan berbagai peralatan pertahanan yang bisa menjangkau semua medan pertempuran. Oleh karena itu pengembangan teknologi Hovercraft bisa dijadikan sebagai salah satu solusi dalam pertahanan dan keamanan negara.

 

 

One comment

  1. artikel ini menyajikan ide yang menarik, analisis kelayakan dibutuhkan lebih jauh, namun tetap setuju bahwa kendaraan jenis penggerak seperti ini dapat menjadi salah satu solusi alternatif untuk menyokong sendi perekonomian dan pertahanan negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.