Pengolahan Emas Metode Penyiraman

Pengolahan emas konvensional memiliki berbagai komponen biaya yang membuat biaya investasi dan biaya pengolahan membengkak. Perlunya proses penghancuran (crushing dan grinding) serta proses penghalusan (milling) membuat biaya investasi menjadi tinggi. Alat-alat yang berat membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai, agar peralatan bisa masuk ke lokasi tambang.

Proses crushing. grinding, dan milling membutuhkan biaya produksi. Biaya produksi yang ditimbulkan oleh proses ini antara lain ; biaya energi,biaya operasi (manpower), biaya perawatan alat, dan biaya penyusutan peralatan. Dengan tingginya biaya investasi dan biaya pengolahan pada industri pengolahan emas konvensional, membuat persyaratan terhadap batu yang akan diproses juga tinggi, yaitu harus memiliki kandungan emas minimum 4 gram per ton. Sementara kebanyakan emas ditemukan dalam konsentrasi yang sangat rendah, antara 1 gram per ton hingga 3 gram per ton.

Agar batuan emas (gold ores) yang memiliki konsentrasi emas rendah bisa diekstraksi, maka jalan keluarnya adalah aplikasi teknologi ekstraksi emas menggunakan metode heap / dump leach (penyiraman bertingkat / perendaman). Metode penyiraman atau perendaman hampir tak tergantung pada peralatan penghancur dan penghalus batuan. Teknologi ini juga dapat diterapkan pada medan yang tak memiliki infrastruktur jalan.

Teknik penyiraman dapat dilakukan menggunakan berbagai jenis bahan pelarut emas, yang disesuaikan dengan jenis dan kandungan berbagai logam di dalam batuan tersebut. Dikarenakan masih adanya komponen biaya penambangan yang cukup signifikan (jika penambangan dilakukan menggunakan cara under ground), maka teknologi ekstraksi emas menggunakan metode penyiraman juga mensyaratkan tingkat keberhasilan jika mampu mengektraksi emas hingga 65% dari total kandungannya dalam batuan yang diekstrak.

Untuk mencapai tingkat keberhasilan secara ekonomi, maka dibutuhkan sejumlah rekayasa teknik dalam proses persiapan lahan, persiapan pemasangan pad-liner (geo-membrane), penumpukan batuan (harus memperkirakan kemungkinan terjadinya impermebealitas), pra leaching (proses pre-treatment), pengolahan (proses leaching), adsorbsi, dan seterusnya.

Ebook “Pengolahan Emas Metode Penyiraman” menjelaskan secara rinci segala proses yang dilakukan.