TEKNIK FLOTASI

Flotasi adalah suatu metode ekstraksi mineral logam, yang memanfaatkan sifat dasar logam yang tak suka air (hydrophobic). Karena sifat logam yang tak suka air, dan sifat dasar unsur atau senyawa kimia non logam yang suka air, maka proses pemisahan antara mineral logam dan non logam menjadi bisa untuk dilakukan.

Teknik Flotasi umumnya digunakan untuk membuat konsentrat mineral logam, yang berasal dari batuan berkandungan logam-logam dasar dan logam-logam mulia. Hasil dari proses flotasi adalah konsentrat logam, dengan konsentrasi logam yang naik hingga mampu mencapai 80% dari total berat konsentratnya (misalnya konsentrat galena).

Teknik ekstraksi mineral logam menggunakan metode flotasi membutuhkan beberapa peralatan pengolahan, antara lain ; peralatan penghancur (pada proses crushing dan grinding), peralatan penghalus (milling tools), reaktor flotasi, dan sebagainya. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan antara lain bahan kimia yang bertindak sebagai kolektor, frother, depressant, dan bahan kimia untuk kegunaan lainnya.

Ebook “Teknik Flotasi” menjelaskan secara lengkap, baik teori maupun praktek, terhadap segala proses yang dilakukan. Ebook juga menerangkan peralatan pengolahan, dan bagaimana cara memperoleh atau membuat peralatan tersebut.