Teknik Pembuatan Karbon Aktif

Karbon aktif (activated carbon) adalah arang / karbon yang mengalami proses fisika, yang mana proses ini bertujuan membuat ruang kosong antar atom karbon atau antar kelompok atom karbon. Bentangan ruang kosong yang tercipta inilah yang berfungsi sebagai adsorbent. Karbon aktif dibuat dari material yang memiliki kandungan karbon tinggi. Material bahan karbon aktif bisa berasal dari fosil tumbuhan semacam batubara jenis anthracite, limbah dari proses pemurnian minyak bumi, dan arang yang berasal dari kayu.

Untuk membuat karbon aktif, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan ketersediaan bahan baku. Kualitas dibutuhkan agar karbon yang dibuat mampu menghasilkan performa yang tinggi. Ketersediaan bahan baku dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan / keberlanjutan proses produksi.

Pada ebook “Teknik Pembuatan Karbon Aktif“, contoh material yang digunakan sebagai bahan baku adalah tempurung kelapa. Pemilihan tempurung kelapa sudah memenuhi 2 unsur di atas, kualitas dan ketersediaan bahan baku. Namun pembaca bisa saja mengganti bahan baku dengan bahan baku jenis lainnya (seperti kayu keras, cangkang buah sawit, dan sebagainya).

Ebook “Teknik Pembuatan Karbon Aktif” mengajarkan cara / proses pembuatan karbon aktif dengan modal investasi dan biaya produksi yang rendah, sehingga bisa dilakukan oleh industri rumahan sekalipun. Penjelasan mekanisme produksi yang gamblang dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, membuat buku ini mudah diterapkan oleh siapa saja yang ingin memulai usaha industri / home industry / industri rumahan pembuatan karbon aktif.