Teknik Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM

Teknik Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM

Platina, Palladium, Rhodium, Iridium, Osmium, Ruthenium merupakan unsur-unsur logam yang digolongkan dalam golongan platina (Platinum Group Metals). Semua logam dari golongan platina memiliki kekebalan yang baik terhadap hampir semua bahan kimia, sehingga 6 unsur logam ini digolongkan sebagai logam mulia.

Ebook “Teknik Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM” disusun secara sistematis sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan berikut :

  • Petunjuk praktek pemisahan dan pemurnian logam-logam golongan platina
  • Sebagai sumber referensi bagi praktisi dan akademisi.

Susunan ebook “Teknik Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM” terdiri dari:

Bab I : Pendahuluan. Bagian ini mengupas secara umum sifat-sifat, fungsi dan kegunaan masing-masing logam, dan potensi keberadaan mineralnya di Indonesia.

Bab II : Sifat-Sifat dan Reaksi-Reaksi Kimia Spesifik PGM. Bab ini menerangkan secara rinci sifat-sifat fisika dan kimia masing-masing logam, serta reaksi-reaksi kimia yang spesifik terhadap unsur kimianya. Bagian ini juga diajarkan cara-cara membedakan antara logam golongan platina yang asli dan logam tiruan (platina palsu).

Bab III. Teknik Pelarutan dan Pemisahan Logam PGM. Pada bagian ini diterangkan berbagai jenis pelarut logam-logam golongan PGM (klorinasi, sianidasi, dan sebagainya), dan cara-cara pemisahan dan pemurnian masing-masing logam dari larutannya.

Bab IV. Proses Pelehan Masing-masing Logam. Pelelehan/ peleburan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, khususnya menyangkut logam-logam golongan platina. Di samping memiliki titik leleh yang tinggi, logam-logam golongan platina juga memiliki penampilan yang sangat buruk terhadap beberapa jenis fluks.

Bab V. Petunjuk Pembuatan Peralatan Pemurnian. Pada bagian ini diajarkan cara-cara membuat atau memperoleh peralatan yang dibutuhkan dalam proses pemisahan dan pemurnian masing-masing logam.