Pelatihan Ekstraksi Zinc Menggunakan Aluminium

Aluminium mudah bereaksi dengan sulfur dan logam-logam yang lebih mulia darinya, di mana reaksi yang terjadi menghasilkan panas yang mampu melelehkan logam-logam dengan titik cair dibawah 12000C. Zinc yang terdapat di batuan sphalerite merupakan senyawa sulfida zinc-besi. Aluminium bereaksi dengan belerang dari batuan membentuk senyawa Al2S3, yang ketika terpapar udara akan bereaksi membentuk senyawa Al2O3 dan gas SO2. Zinc yang mendapatkan panas dan udara akan membentuk senyawa oksida zinc, yang bisa dipisahkan dari leburan pada suhu yang tinggi (di atas 9000C). Proses desulfurisasi menghasilkan asam sulfat yang digunakan untuk melarutkan oksida zinc, membentuk larutan garam zinc sulfat.

Larutan zinc sulfat selanjutnya dielektrolisis untuk menghasilkan logam zinc pada kutub katoda. Dari beberapa percobaan memperlihatkan proses ekstraksi zinc menggunakan aluminium memiliki biaya yang termurah, cepat, aman, dan sangat ramah terhadap lingkungan.

Pengolahan zinc sulfida menggunakan aluminium tak membutuhkan panas dari luar, karena panas yang timbul dihasilkan oleh reaksi kimia yang terjadi pada tungku lebur. Panas yang timbul telah cukup untuk menghasilkan energi optimum untuk proses desulfurisasi, metalisasi logam, dan memisahkan oksida zinc dari leburan logam.

Pelatihan pengolahan batuan / konsentrat zinc sulfida menggunakan aluminium disusun lengkap, dari mulai awal berupa batuan, hingga proses akhir berupa elektrolisis dan peleburan logam hasil elektrolisis.

Materi pelatihan :

  1. Penentuan atau pengujian kadar atau kandungan logam zinc dan mineral ikutan di dalam sampel batuan sphalerite (raw material).
  2. Proses penghalusan batuan (option) zinc sulfida berkadar rendah dan sedang.
  3. Proses peleburan menggunakan kombinasi aluminium dan udara.
  4. Penyulingan gas SO2 menjadi larutan H2SO4, yang selanjutnya digunakan sebagai pelarut logam zinc.
  5. Proses elektrolisis larutan garam zinc.
  6. Pembuatan Peralatan Pengolahan.
  7. Analisa Biaya Produksi
  8. Produk-produk zinc yang bisa dihasilkan selama proses pelatihan berupa zinc chloride (ZnCl2), zinc oxide (ZnO), ingot logam zinc, zinc sulphate (ZnSO4), dan zinc dust.

Durasi pelatihan 1 hari (hingga selesai), meliputi materi teori dan praktek yang dilakukan secara simultan.

Waktu : Setiap hari kerja, Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jak-Sel

Email : marketing@bestekin.com