Pelatihan Pengolahan Batuan Tembaga Sulfida Tinggi Menggunakan Aluminium

Aluminium memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam pengolahan mineral logam bersulfida tinggi, termasuk dalam hal ini batuan mineral tembaga sulfida tinggi. Bestekin.com telah berhasil mengembangkan teknik pengolahan tembaga dari batuan menggunakan aluminium sebagai reduktor dan penghasil panas dalam peleburan lansung mineral sulfida logam.

Tembaga umumnya diperoleh dari hasil pengolahan batuan berjenis chalcopyrite. Namun tembaga juga ada di jenis-jenis batuan lainnya, atau suatu jenis batuan yang merupakan paduan dari berbagai jenis mineral utama (misalnya chalcopyrite yang berpadu dengan stibnite dan arsenopyrite, atau chalcopyrite dengan galena dan sphalerite). Dalam skala besar, ekstraksi mineral tembaga dilakukan menggunakan proses flotasi, yang menghasilkan konsentrat mineral tembaga sulfida berkadar tinggi. Konsentrat ini selanjutnya dilebur hingga menghasilkan ingot tembaga.

Pengolahan tembaga yang didahului dengan flotasi (froth flotation) harus melalui proses awal berupa penghancuran dan penghalusan batuan hingga mencapai standar ukuran kekasaran partikel maksimum yang diijinkan, barulah flotasi bisa dilakukan. Proses flotasi harus melalui jalan yang panjang, investasi awal yang sangat tinggi, dan biaya prpoduksi yang juga tinggi.

Pengolahan batuan tembaga sulfida yang dilakukan menggunakan aluminium memiliki rangkaian proses yang sangat singkat, cepat, sederhana, serta biaya investasi dan produksi yang jauh lebih rendah dibanding proses pengolahan yang dilakukan menggunakan flotasi.  

Materi pelatihan :

  1. Peleburan menggunakan aluminium sebagai reduktor dan bahan bakar.
  2. Penyuling
  3. Proses penghalusan batuan (option) tembaga sulfida berkadar rendah.
  4. an gas SO2 menjadi larutan H2SO4 atau gypsum (CaSO4).
  5. Pemisahan hasil
  6. Penentuan atau pengujian kadar atau kandungan logam tembaga dan mineral ikutan di dalam sampel batuan tembaga (raw material).
  7. logam dari kotoran (slag / terak)
  8. Pemurnian logam tembaga menggunakan electrowinning
  9. Pemurnian perak dan emas sebagai byproduct.
  10. Pembuatan Peralatan Pengolahan
  11. Analisa Biaya Produksi

Info lebih lanjut, klik di sini

Email : marketing@bestekin.com