Video Proses Ekstraksi Perak dari Plastik Rontgen

Plastik rontgen mengandung logam perak, yang berfungsi sebagai separator warna pada klise. Perak halide, khususnya perak bromide, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap cahaya ultra violet. Pada saat dilakukannya foto rontgen, luasan lapisan perak bromide yang terpapar oleh sinar ultra violet mengalami perubahan warna, dari coklat muda menjadi hitam. Bagian yang terkena sedikit menjadi sedikit hitam bercampur coklat, bagian yang tak terkena tetap berwarna coklat.

Setelah proses foto x-ray, klise selanjutnya di-fiksasi menggunakan larutan sodium thiosulfat (Na2S2O3), dimana bagian-bagian yang berwarna coklat mudah larut oleh sodium thiosulfat (hyposulfat – hypo). Larutnya lapisan coklat akhirnya menyisakan bagian-bagian yang berwarna hitam, yaitu lapisan dimana senyawa yang sebelumnya perak bromide, telah tereduksi menjadi lapisan perak halus yang berwarna hitam.

Reaksi yang terjadi selama proses penyinaran menggunakan x-ray sebagai berikut :

2 AgBr (s)  +  cahaya ultraviolet   ========>   2 Ag (s)  +  Br2 (g)    ……………..(i)

Pada persamaan reaksi kimia di atas, ion perak I (Ag+) tereduksi oleh anion bromide (Br) akibat adanya suplai energy dari sinar ultra violet. Pada saat yang bersamaan, anion bromide teroksidasi menjadi gas brom (Br2) yang menguap ke udara.

Senyawa AgBr yang tersisa pada plastic rontgen selanjutnya di fiksasi menggunakan pelarut sodium thiosulfat, dimana reaksinya berlangsung sebagai berikut :

2 AgBr (s)  +  2 Na2S2O3 (l)  ==========>   Na3Ag(S2O3)2 (l)  +   NaBr (l)     ……….(ii)

Pada reaksi (ii), perak bromide larut membentuk larutan kompleks perak thiosulfate, yang akhirnya semua lapisan coklat hilang meninggalkan permukaan klise yang di fiksasi.

Dari 2 reaksi kimia di atas (reaksi i dan ii), dapat terlihat bahwa unsure kimia perak (silver) terbagi di 2 bagian, di mana bagian pertamama berada menempel di plastic rontgen, dan bagian ke-2 berada di larutan kompleks perak thiosulfate.

Pada bagian ini kita hanya menampilkan video proses pengambilan logam perak dari klise rontgen. Sedangkan bagian yang menampilkan ekstraksi perak dari larutan fikser ditampilkan pada video lainnya.