Video Proses Pembuatan Timbal II Nitrat

Timbal II nitrat / Pb(NO3)2 adalah senyawa larut yang merupakan ikatan kimia antara kation Pb2+(timah hitam) dan anion nitrat (NO3). Timbal nitrat diproduksi melalui reaksi kimia antara pelarut asam nitrat dan logam timbal, atau bisa juga terjadi antara larutan HNO3 dan senyawa tak larut PbO (timbal II oksida). Timbal II nitrat juga bisa diperoleh melalui reaksi antara larutan HNO3 pekat dan senyawa PbS (timbal II sulfida).

Pb (s)  +  4 HNO3 (l) + O2 (g) ===========>   Pb(NO3)2 (l)  +  2 NO2 (g)  +  2 H2O (aq)   ……….(i)

2 PbO (s)  +  8 HNO3 (l)  +  O2 (g) =====>        2 Pb(NO3)2 (l)  +  4 NO2 (g)  +  4 H2O (aq)  ………(ii)

PbS (s)  +  4 HNO3 (l)  +  O2 (g)  =======>  Pb(NO3)2 (l)  +  2 NO2 (g)  +  2 H2O (aq)  +  S (s)  …..(iii)

Pb(NO3)2 / timbal nitrat banyak digunakan pada proses sianidasi atau pengolahan emas dari lumpur / batuan emas. Pada proses sianidasi, timbal II nitrat umumnya digunakan untuk mencegah terbentuknya bijh emas pasif, dimana bijih pasif selalu disebabkan larutan senyawa sulfida. Pengolahan emas sederhana yang menggunakan sianida sebagai pelarut, umumnya jarang menggunakan timbal II nitrat, disebakan  kurangnya informasi mengenai kegunaan dari bahan kimia ini.

Pada saat timbal II nitrat bercampur dengan larutan sianida, senyawa ini bereaksi membentuk senyawa tak larut berwarna putih, bernama timbal II sianida :

Pb(NO3)2 (l)  +  NaCN (l)   ============>  Pb(CN)2 (s)  +  NaNO3 (l)  ………..(iv)

Timbal II sianida yang terbentuk pada reaksi (iv) akan bereaksi secara spontan dengan senyawa larut sulfida, yang biasanya terbentuk akibat reaksi antara sianida dan perak sulfida, atau reaksi sianida dengan  tembaga sulfida, atau reaksi antara sianida dengan senyawa-senyawa sulfida logam lainnya, dimana hasil dari reaksi juga membentuk senyawa tak larut timbale II sulfida.

Pb(CN)2 (s)  +  Na2S  ==================>  PbS (s)  +  NaCN (l)     …….(v)

Pada reaksi (v), jika setiap molekul timbal II sianida bertemu fisik dengan ion sulfida (S2-) dari larutan Na2S atau H2S, maka langsung terbentuk semyawa tak larut PbS (timbal II sulfida), yang kebal terhadap sianida. Artinya, reaksi (v), mengakibatkan ion-ion sulfur terlarut yang merupakan sumber masalah bagi proses sianidasi, akan terendapkan dengan kehadiran timbal II nitrat. , Terendapkannya ion-ion sulfur memperkecil resiko terbentuknya bijih emas pasif selama proses sianidasi dan adsorbsi.

Penggunaan timbal II nitrat sangat membantu menaikkan recovery emas, dan membuat makin iritnya konsumsi sianida dalam pengolahan emas.

Video  Proses Pembuatan Timbal II Nitrat ini hanya menampilkan cara membuat timbal II nitrat dari logam timbal. Video ini menampilkan proses pembuatan timbal II nitrat secara berurutan, lengkap, dan mudah dimengerti.