Cara Mendaftarkan Domain ke Webmaster Tool

Mengapa Kita perlu mendaftarkan website ke google web master? Ada segudang alasan penting, yang antara lain sebagai berikut :

  • Memverifikasi kepemilikan situs anda pada google, sehingga kita dapat memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki oleh google sebagai mesin pencari terbesar.
  • Memantau dan menganalisa performa website atau situs yang dimiliki, sehingga memudahkan suatu konten terindeks dan naik ke posisi tertinggi pada google search engine.
  • Mengetahui angka-angka statistik yang berkaitan dengan pengunjung, pencarian, keyword, dan hal-hal lainnya.

Berikut ini adalah cara mendaftarkan website anda ke google webmaster.

  • Membuat akun yang berafiliasi ke google, antara lain gmail, google+, dan sejenisnya.
  • Setelah memiliki akun google dan sign-in, anda masuk ke direktori website googlewebmaster, atau https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en. Setelah masuk, muncul tampilan seperti gambar berikut :

Tampilan webmaster

Gbr 1. Search Console Google Webmaster

  • Setelah masuk ke search console google webmaster, pada tampilan gambar bagian kanan atas, tepatnya dibawah kotak tulisan help terdapat kotak tombol warna merah yang bertuliskan “Add A Property”. Klik kiri 2 x tulisan ini, sehingga muncul jendela baru yang menyuruh anda menuliskan nama property website yang akan anda daftarkan.
  • Setelah proses saving, selanjutnya muncul jendela perintah verifikasi, seperti gambar berikut ini.

Gambar Perintah Verifikaksi Google Webmaster

Gbr 2. Jendela Perintah Verifikasi Google Webmaster

 

  • Pada gambar 2 di atas, lakukan proses copy pada kotak yang berada di bawah tulisan “1. Copy the meta tag below,…”
  • Buka website yang akan anda verifikasi, login dan masuk ke dashboard. Jika menggunakan wordpress, maka arahkan panah (kursor) ke tulisan “appearance” yang berada di bawah dashboard. Saat panah menimpa “appearance”, muncul kotak pilihan di sebelah kanannya. Pada kotak, arahkan kursor ke bagian bawah, tepat di tulisan “editor”. Selanjutnya klik kiri tulisan tersebut, sehingga muncul tampilan sebagai berikut.

editor pada appearance

Gbr 3. Tampilan Editor Pada Appearance 

  • Pada kolom bagian kanan, di bawah tulisan “Template” arahkan kursor ke tulisan “Header” atau header.php, dan klik kiri 2 kali, sehingga muncul kotak jendela sebagaimana gambar berikut :

header.php

Gbr 4. Header.php Pada WordPress

 

  • Pada kotak header.php, paste tulisan yang berasal dari gbr 2 (Jendela Perintah Verifikasi Google Webmaster) pada wilayah di dalam <head>…</head>, dan lakukan proses saving.
  • Selanjutnya kembali ke jendela perintah verifikasi google webmaster (gbr 2), klik kiri tombol merah bertuliskan “Verify”. Jika semua yang anda lakukan benar, maka akan muncul gambar berikut ini, yang menandakan bahwa verifikasi kepemilikan website berhasil dilakukan.

verifikasi sukses google webmaster

Gbr 5. Pemberitahuan Bahwa Verifikasi Kepemilikan Website Telah Sukses.

Tinggalkan Balasan