Istilah fase (phase) banyak digunakan dalam ilmu fisika dan kimia.

Arti dan Defenisi Fase dalam Fisika adalah keadaan fisik suatu zat kimia pada suhu tertentu. Phase suatu unsur kimia atau zat kimia terdiri dari 3 ; padat, cair, dan gas.

Defenisi Fase (Phase) padat terjadi pada suhu terendah yang dialami suatu zat, yang menyebabkan zat tersebut membeku, tanpa merubah sifat-sifat kimia nya. Fase cair umumnya berada pada suhu yang lebih tinggi, demikian seterusnya.

Phase standar adalah keadaan suatu zat kimia pada suhu kamar (250C). Phase air (H2O) pada suhu kamar adalah cair ; pada suhu 1000C mulai terjadi penguapan ; pada suhu 00C H2O berfase padat (es). Dapat dikatakan phase (standar) air adalah cair. Pada umumnya Phase logam-logam pada suhu kamar adalah padat, terkecuali merkuri yang cair.

Arti dan defenisi fase dalam fisika dan kimia

Jika dikaitkan dengan ilmu kimia, Arti dan Defenisi Fase dalam Fisika akan lebih detail lagi. Defenisi fase dalam ilmu kimia dan fisika adalah perubahan wujud dari suatu zat (padat, cair, gas) yang tak menyebabkan terjadinya perubahan sifat kimia dari zat tersebut.

Misalnya logam emas. Pada suhu kamar, emas berbentuk padat (solid). Pada kondisi padat, logam emas tak berbentukl senyawa, atau secara simbol kimia ditulis Au0. Saat emas dipanaskan hingga suhu 1081 0C, logam emas mencair. Namun cairan emas tersebut masih berupa unsur kimia Au0, artinya tak terjadi perubahan sifat.

Logam-logam lain yang Anda lihat sehari-hari juga memiliki 3 fase jika mengalami perlakuan panas padanya. Misalnya perak, pada suhu kamar berfase padat. Namun saat suhu dinaikkan ke 960 derajat celcius, logam perak yang semula padat mulai mencair. Perak pun memiliki fase uap, yang sama seperti emas.

Air, memiliki rumus kimia H2O. Saat berada dalam suhu kamar (25 0C), air berbentuk cair. Ketika dibekukan pada suhu 0 0C, air membeku, namun tetap memiliki rumus kimia H2O. Saat dipanaskan hingga 125 0C, air menguap, dan rumus ,kimianya pun tetap H2O.

Semua unsur-unsur kimia mengalami 3 fase, padat, cair, dan uap.