Arti dan Defenisi Molekul

CuSO4.5H2O

Molekul adalah gabungan dari dua atau lebih atom yang sejenis maupun berbeda, yang membentuk satu kesatuan ikatan kimia yang tidak terionisasi.  Jika suatu molekul terionisasi, maka gabungan dari beberapa atom yang terionisasi bukan lagi disebut molekul. Contoh molekul yang terionisasi :

CuSO4. 5H2(s) + x H2O → Cu2+ (l)  + SO42- (l) + (x+5) H2(aq)                     …………..(i)

Dari persamaan reaksi (i) diatas,  anion SO42- yang merupakan gabungan satu atom sulfur dan empat atom oksigen, bukan disebut molekul akan tetapi disebut sebagai anion sulfat. Molekul tembaga sulfat pentahydrate (CuSO4.5H2O) yang berupa kristal biru, terionisasi (terdisosiasi) akibat adanya pelarutan menggunakan air.

Contoh molekul yang merupakan gabungan atom sejenis antara lain O2, H2, Cl2, dan sebagainya. Molekul oksigen (O2) merupakan gabungan 2 atom oksigen yang membentuk ikatan kovalen. Molekul-molekul bisa teroksidasi atau tereduksi menjadi ion. Contoh peristiwa ini dapat dilihat pada reaksi kimia berikut :

Cl2 (g)  +  Cu (s)  + H2O (aq)  ===========>  CuCl2 (l)  +  H2O (aq)            …………..(ii)

Persamaan reaksi (ii) bisa diurai menjadi reaksi ionik sebagai berikut :

2 Cl0  +  Cu0   +  H2O   ==============>   Cu2+   +   2 Cl  +  H2O (aq)       ………(iii)

Dari persamaan (iii) terlihat bahwa gas klorin tereduksi menjadi ion klor akibat terjadinya kontak fisik dengan logam tembaga. Molekul gas klor yang semula bervalensi 0 berubah menjadi ion klor yang memiliki valensi -1. Di saat yang bersamaan, logam tembaga teroksidasi oleh gas klor menjadi ion tembaga yang memiliki muatan (valensi) +2. Peristiwa reaksi redoks yang terjadi pada persamaan reaksi (iii) mengakibatkan berubahnya molekul gas klor menjadi ion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.