Defenisi dan Pengertian Atom

Defenisi dan pengertian atom adalah suatu materi terkecil dari suatu unsur kimia yang tidak dapat dibagi lagi secara kimiawi, dan materi ini masih membawa sifat asli dari unsurnya.  Atom memiliki massa dan volume.

Setiap atom memiliki inti yang terdiri dari proton dan neutron, dan elektron-elektron yang mengorbit mengelilingi inti. Jumlah massa inti dan elektron menjadi berat identik atom tersebut.

Atom masih bisa dilihat dengan bantuan mikroskop elektron, sehingga atom bersifat visible. Ukuran massa dan volume atom dari berbagai unsur tidak pernah sama. Oleh karena itu kita bisa memisahkan atom dari suatu unsur kimia tertentu terhadap atom dari unsur kimia lain menggunakan proses kimia.

Defenisi dan pengertian atom secara konvensional ini tak berlaku terhadap kimia dan fisika nuklir. Inti atom memang tidak bisa dibelah atau digabungkan menggunakan proses kimia biasa. Namun inti atom dapat dibelah menggunakan reaksi fisi nuklir, atau diperbesar menggunakan reaksi fusi nuklir.

Ada ratusan jenis atom yang telah berhasil diidentifikasi hingga saat ini. Jenis-jenis atom baru akan terus ditemukan seiring makin canggihnya teknologi penginderaan nano.

Atom adalah identitas yang sama dengan unsur kimia. Misalnya penyebutan atom oksigen sama dengan penyebutan unsur kimia oksigen. Perbedaan atom dan unsur kimia hanya terletak pada jumlah. Atom berarti satuan, sedangkan unsur kimia adalah identitas dari atom tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *