Defenisi Elektron adalah suatu materi bermuatan listrik negatif, yang mengelilingi atau mengorbit inti suatu atom. Elektron memiliki massa yang sangat kecil.  Jumlah elektron dalam suatu atom selalu berbeda dari jumlah elektron pada atom jenis lainnya.

Dalam arti lain setiap atom memiliki jumlah elektron yang identik terhadap jumlah proton pada atom tersebut.

Jumlah elektron suatu jenis atom dijadikan sebagai dasar pembuatan tabel berkala unsur kimia.  Pada tabel berkala unsur kimia, jumlah elektron suatu atom diberi simbol “nomor atom”, yang merupakan dasar utama penempatan suatu atom dalam perioda dan golongan tertentu.

Jumlah elektron berhubungan dengan orbital. Elektron juga menjadi satuan yang sangat penting dalam seluruh reaksi kimia.

Defenisi Elektron banyak digunakan dalam logam. Ciri-ciri logam terletak pada elektron. Elektron dari unsur kimia logam, terutama pada kulit terluarnya, mudah terlepas dari kulit terluar, atau masuk ke kulit terluar.

Hal inilah yang menyebabkan logam menjadi konduktor, karena elektron-elektron dari logam bisa mengalir jika dialiri oleh arus listrik.

Peralatan elektronik umumnya terbuat dari logam sebagai konduktor. Peralatan elektronika adalah peralatan yang difungsikan melalui aliran arus listrik di dalamnya. Arus listrik yang masuk atau keluar menyebabkan adanya aliran elektron.

Jadi penamaan peralatan elektronika berasal dari “elektron”, atau secara sfesifik peralatan yang berfungsi karena adanya aliran elektron.