Massa Atom

Massa atom (atomic mass / AM) adalah jumlah total dari massa proton dan neutron dalam inti suatu atom. Identitas ini memiliki nilai yang khas untuk membedakan suatu unsur dari unsur lainnya. Ini karena AM dari suatu unsur selalu berbeda dari massa unsur-unsur kimia lainnya.

Dalam ilmu kimia, defenisi ini sering digunakan untuk berat atom, yang disingkat BA.

Misalnya berat atom hidrogen yang 1,00794 dapat kita tetapkan menjadi 1 dengan nilai pendekatan. Artinya unsur kimia yang memiliki berat atom = 1 hanya hidrogen.

BA oksigen yang 15.9994 dapat kita letakkan di angka 16 melalui pendekatan numerik (pembulatan). Atom yang memiliki massa 16 hanya atom oksigen. Berat atom banyak dikaitkan dengan perhitungan stoikiometri.

Penjelasan teoritis AM

Massa atom adalah massa dari suatu atom. Unitnya adalah satuan AM terpadu, yang disingkat U. 1 satuan AM terpadu didefinisikan sebagai 1⁄12 dari AM karbon-12 tunggal, saat atom tersebut diam. Untuk atom-atom, proton dan neutron dari nukleus berperan untuk hampir semua massa total, dan AM yang diukur dalam u memiliki nilai yang hampir sama dengan jumlah massa proton + neutron.

Saat dibagi dengan satuan berat atom terpadu, atau dalton (Da), untuk membentuk rasio numerik murni, AM menjadi nilai tanpa dimensi yang disebut massa isotop relatif. Jadi, AM dari atom karbon-12 adalah 12 u (atau 12 Da), tetapi massa isotop relatif dari atom karbon-12 hanyalah 12.

AM atau massa isotop relatif mengacu pada massa partikel tunggal, dan karenanya terikat pada isotop spesifik dari suatu unsur. Sebaliknya, berat atom standar yang tidak berdimensi mengacu pada rata-rata dari massa atom campuran isotop.

Nilai AM biasanya dilaporkan ke angka yang lebih signifikan daripada bobot atom. Berat atom standar terkait dengan AM dengan peringkat kelimpahan isotop untuk setiap unsur kimia.

Hubungan antara AM dan massa molekul berkaitan dalam perhitungan stoikiometri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *