Neutron adalah partikel dalam inti atom. Artinya, neutron adalah suatu materi yang merupakan bagian dari suatu atom (partikel subatomik). Neutron diberi simbol n atau n0. Partikel ini tak memiliki muatan listrik, dan memiliki massa yang sedikit lebih besar dari proton.

Proton dan neutron merupakan bagian dari inti suatu atom. Karena proton dan neutron berperilaku serupa di dalam nukleus, dan masing-masing memiliki massa sekitar satu satuan massa atom, keduanya disebut sebagai nukleon. Sifat dan interaksinya bisa dijelaskan oleh fisika nuklir.

Sifat kimia dan nuklir dari nukleus ditentukan oleh jumlah proton, yang disebut nomor atom, dan jumlah neutron, yang disebut nomor neutron. Nomor massa atom adalah jumlah total nukleon. Sebagai contoh, karbon memiliki nomor atom 6, dan isotop karbon-12 yang melimpah memiliki 6 neutron, sedangkan isotop karbon-13 yang langka memiliki 7 neutron.

Beberapa unsur kimia terjadi di alam dengan hanya satu isotop stabil, seperti fluor. Unsur-unsur lain terjadi dengan banyak isotop stabil, seperti timah dengan sepuluh isotop stabil.

Di dalam nukleus, proton dan neutron terikat bersama melalui gaya nuklir. Neutron diperlukan untuk stabilitas inti, terkecuali pada atom hidrogen yang memiliki proton tunggal. Neutron diproduksi secara berlebihan dalam fisi dan fusi nuklir. Mereka adalah kontributor utama nukleosintesis unsur kimia dalam bintang, melalui proses fisi, fusi, dan penangkapan neutron.

Neutron dibahas secara mendalam dalam ilmu fisika nuklir. Namun dalam kimia, neutron lebih digunakan sebagai dasar-dasar ilmu kimia. Khususnya menyangkut pembentukan berat dari inti suatu atom.