Suspensi

Defenisi Suspensi adalah campuran yang heterogen antara zat padat dan zat cair, sehingga bisa dipisahkan melalui proses penyemenan dan penyaringan.

Sebenarnya defenisi di atas terlalu sederhana dan kurang tepat. Zat padat dalam suspensi memiliki ukuran penampang minimum 1 μm, sehingga pada akhirnya bisa mengendap dan dipisahkan dari cairannya.

Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada suatu zat padat yang bisa tersementasi (terpisahkan) di dalam media cair. Padahal larutan sendiri sesungguhnya juga tersusun dari zat padat yang tak terlihat, karena memiliki ukuran diameter pikometer.

Suatu suspensi bisa diubah menjadi koloid atau larutan, demikian juga sebaliknya. Contoh, suspensi kering CaCO3 (kapur / lime) bisa diubah menjadi larutan dengan mereaksikannya dengan larutan HCl, seperti berikut ini :

CaCO3 (s)  +  2 HCl (l)  →  CaCl2 (l)  +  H2O (aq)  +  CO2 (g)

Dari reaksi di atas, CaCO3 terurai menjadi larutan CaCl2 dan gas CO2.

Artinya, setiap zat padat, baik itu unsur kimia, molekul atau senyawa, sepanjang memiliki ukuran penampang minimum 1 μm, digolongkan sebagai suspensi. 

Zat padat memiliki berbagai ukuran yang variatif. Mulai dari ukuran besar seperti batu, atau perhiasan emas yang terbuat dari kumpulan logam unsur kimia emas, hingga yang terkecil berupa larutan.

Ukuran zat padat yang lebih kecil dari 1 μm digolongkan sebagai koloid. Contoh koloid adalah air teh dan air susu. Koloid memiliki sifat khas, yaitu bergerak secara acak. Pergerakan secara acak ini disebabkan antara masing-masing partikel memiliki muatan listrik yang sama. Karena kesamaan muatan ini menyebabkan timbulnya gaya tolak menolak antara partikel padat.

Jika muatan tiap partikel koloid dihilangkan, maka masing-masing partikel akan berkumpul (aglomerasi) membentuk suspensi, yang menyebabkan kumpulan zat tersebut terpisah dari larutannya. 

Partikel padat terkecil yang ada dalam media cair adalah larutan. Larutan terdiri dari partikel padat yang memiliki ukuran kurang dari 1 nm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *