CARA MEMPERCEPAT LOADING PAGE

CARA MEMPERCEPAT LOADING PAGE

Loading page berperan penting pada kenyamanan pengunjung dalam mengakses konten suatu website. Loading time juga berpengaruh pada SEO ; loading time yang cepat akan memudahkan naiknya suatu konten pada search engine, demikian sebaliknya. Banyak elemen yang berpengaruh dalam kecepatan loading page. Kali ini bestekin akan memberikan cara memperbaiki kecepatan load halaman yang mudah diterapkan. Banyak webmaster ingin mempunyai website dengan tampilan yang menarik melalui penggunaan gambar dengan size besar, slider, berbagai widget dan background yang “stuning”. namun apakah hanya hal-hal tersebut yang dibutuhkan pengunjung? tentu pengunjung juga mengharapkan kecepatan akses pada content.

Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mempercepat loading time suatu website.

  • Memilih theme yang tepat dan up to date terhadap cms yang digunakan. Pemilik akan mencari/membuat theme yang baik agar mudah ditemukan di mesin  pencari(SEO friendly), fitur yang kaya, dan menarik dari sisi tampilan. Theme SEO friendly adalah template yang paling dicari. Hal ini karena template yg sederhana dan loading time yang cepat lebih disukai mesin pencari yang berarti mudah juga ditemukan.
  • Ketika pengunjung memasuki situs dengan tampilan yang menarik, maka mereka akan merasa nyaman dalam mengakses konten.
  • Jika membutuhkan gambar yang harus ditempatkan dalam satu artikel, post, atau page, maka pilihlah ekstensi file yang menggunakan sedikit memori ; contohnya file dengan ekstensi PNG.
  • Gambar yang akan di upload sebaiknya dikompres agar kapasitas memorinya makin kecil. Dengan mengompres gambar, kita bisa menghemat penggunaan memori, sehingga hampir tak mempengaruhi kecepatan loading suatu artikel.
  • Mengurangi penggunaan javascript. File – file yang menggunakan java script cenderung menggunakan kapasitas memori yang besar, sehingga memberatkan loading time suatu website.
  • Caching. Melakukan caching akan memperbaiki penampilan suatu website, khususnya menyangkut loading time. Caching bisa dilakukan menggunakan bantuan plugin yang memang berfungsi untuk caching. Deangan adanya caching, pengunjung tidak harus melakukan kontak dengan server untuk meminta layanan akan tetapi pengunjung mendapatkan layanan (data) yang sudah tersimpan pada proxy server, dengan ini maka akses akan semakin cepat dan berakibat pada penghematan bandwidth.
  • Tak memasang internal statistik. Internal statistik umumnya menggunakan slot memory di database server. Laporan hasil statistik yang dilakukan harian mengakibatkan database terbebani, karena terjadi penumpukan data secara akumulasi di slot memory yang disediakan untuk plugin statistik.
  • Tidak melakukan redirect pada kesalahan url dengan kode, apalagi sampai menggunakan plugin redirect. Memang pada awal dilakukan redirect, url dengan kode 404 akan menuju halaman yang kita inginkan. Setiap terjadinya proses redirect 404 ke 301 atau 302, data disimpan di database server. Jika trafik redirect tinggi, maka memory menjadi penuh,yang mengakibatkan naiknya waktu loading page. Untuk hasil terbaik dalam hal SEO, sebaiknya redirect terhadap 404 jangan dilakukan.
  • Sering membersihkan dan mengoptimalisasi database di phpMyAdmin. Setiap perubahan yang dilakukan pada suatu konten (post atau page), maka konten yang lama umumnya disimpan dalam database phpMyAdmin, dengan status inherit.
  • Dan banyak trik lainnya yang belum dijelaskan pada bagian ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *