Cara membersihkan database phpMyAdmin merupakan hal penting untuk meningkatkan performa suatu website. phpMyAdmin adalah sarana atau fasilitas yang disediakan oleh cpanel untuk mengedit isi dari database pada locallhost.

Database adalah media penyimpan data yang dibuat pada saat kita melakukan proses instalasi CMS (wordpress, drupal, joomla, dsb). Database menyimpan data-data post, page, media, post meta, redirect, dan sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan database phpMyAdmin, antara lain :

  1. Menggunakan plugin-plugin yang memang menyediakan pelayanan ini. Misalnya plugin untuk caching.
  2. Langsung melakukan pembersihan via cpanel. Cara ini harus dilakukan secara hati-hati, karena jika tidak, bisa menghilangkan data yang tersimpan.

Untuk masuk ke phpMy Admin, kita harus masuk terlebih dahulu ke cpanel. Setelah berhasil masuk, cari baris Databases seperti gambar di bawah ini, kemudian kursor diarahkan ke phpMyAdmin dan klik kiri.

Gambar 1. Baris Databases Pada Template cpanel

Untuk melihat isi atau masuk ke dalam dashboard databases, klik kiri box/ikon phpMyAdmin, sehingga memunculkan gambar seperti berikut ini :

Gambar 2. Dashboard phpMyAdmin

Pada gambar 2. di atas, toolbar databases (Basis Data) terletak di baris bagian atas (pojok kiri dari toolbar SQL). Klik kiri ikon Databases (Basis Data)  membawa kita masuk ke halaman utama databases, di mana proses editing dimulai dari halaman ini. Setelah di klik, hasilnya seperti berikut ini

Gambar 3. Direktori Databases pada phpMyAdmin

Gambar 3 adalah kotak direktori-direktori  database yang sedang kita gunakan. Pilih salah satu database yang akan di edit dengan cara mengklik kiri shortcut database. Setelah klik kiri, tampilan berubah menjadi tampilan direktori utama tempat penyimpanan data-data post, postmeta, gambar, video, sitemeta, plugin, data-data simpanan dari plugin, dan sebagainya.

Proses editing (penghapusan data-data yang tak diperlukan) dimulai dari halaman ini. Harap hati-hati dalam melakukan proses editing, karena dapat mengakibatkan terhapusnya data-data yang semestinya tidak dihapus.

Misalnya data post, dan data-data yang berhubungan dengan post. Menghapus bagian ini akan menghilangkan post yang telah dipublish.