Ebook Pemurnian Emas dan Perak

Ebook Pemurnian Emas dan Perak telah dirilis dan dapat dibaca pada Teknik Pemurnian Emas dan Perak.  Ebook ini berisi 3 cara pemisahan dan pemurnian emas dan perak, dimana masing-masing cara memiliki kelemahan dan keunggulan. Bagian dibawah ini menjelaskan secara singkat isi dari masing-masing metode pemisahan dan pemurnian emas dan perak.

  • Ebook Pemurnian Emas menggunakan Asam Nitrat. Di pasaran asam nitrat sering diberi istilah dengan frasa “Air Keras“. Metode pemurnian emas menggunakan asam nitrat / air keras / nitric acid adalah proses pemisahan dan pemurnian logam emas dan perak yang dimulai dengan pelarutan logam-logam selain emas, menggunakan asam nitrat sebagai oksidator dan pelarutnya. Metode pemurnian emas dengan asam nitrat umumnya bisa menghasilkan logam emas dengan kadar kemurnian maksium 99%, dan logam perak dengan kemurnian di atas 99,5%. Bagian ini juga menerangkan secara lengkap paduan logam emas yang bisa langsung dimurnikan menggunakan asam nitrat, misalnya ; persyaratan kadar maksium emas dalam bullion yang akan diproses, ada atau tidaknya kandungan logam-logam golongan platina di dalam bullion yang akan dilarutkan dalam asam nitrat, dan sebagainya.
  • Pemurnian Emas menggunakan Aqua regia. Aqua regia (air raja) adalah campuran antara pelarut HNO3 dan HCl, yang bertujuan menghasilkan gas klorin (chlorine), dimana gas klor ini mampu melarutkan berbagai logam innert, yang antara lain termasuk logam emas dan beberapa jenis unsur kimia logam dalam golongan platina.  Metode ini menggunakan gas klor sebagai pelarut logam emas dan perak. Tingkat kemurnian emas pada metode ini bisa naik menjadi 99,9%, dan perak 99,5%. Pemurnian emas menggunakan air raja memiliki beberapa keunggulan dibanding proses pemurnian emas menggunakan asam nitrat.
  • Pemurnian Emas Metoda Elektrolisa. Metode elektrolisa mampu menghasilkan logam emas dengan tingkat kemurnian hingga 99,99%, dan perak 99,9%.

Masing-masing metode pemurnian dijelaskan secara rinci, tahap-tahap serta tata-cara pelaksanaannya. Untuk membaca ebook, bisa diklik di sini.

Tinggalkan Balasan