Elektronegatifitas

Elektronegatifitas adalah sifat kimia yang menjelaskan kemampuan suatu atom menarik elektron menuju dirinya sendiri pada ikatan kovalen. Ini tidak bisa dihitung secara langsung, namun harus dikalkulasi dari sifat-sifat atom atau molekul lainnya.

Ada beberapa metode perhitungan yang dapat digunakan dalam menghitung elektronegatifitas. Walaupun pada setiap metode terdapat perbedaan yang kecil dalam nilai numeris elektronegativitasnya, semua metode memiliki tren periode yang sama di antara unsur-unsur.

Elektronegativitas merupakan salah satu sifat periodisitas unsur, selain afinitas elektron, jari-jari atom, dan energi ionisasi. Metode perhitungan elektronegatifitas yang umumnya sering digunakan adalah metode Pauling.

Hasil perhitungan ini menghasilkan nilai yang tidak berdimensi dan biasanya dirujuk sebagai skala Pauling, dengan skala relatif yang berkisar antara 0,7 sampai dengan 4,0.

Bila metode perhitungan lainnya digunakan, terdapat sebuah konvensi (walaupun tidak diharuskan) untuk menggunakan rentang skala yang sama dengan skala Pauling: hal ini dikenal sebagai elektronegativitas dalam satuan Pauling.

Elektronegativitas bukanlah bagian dari sifat atom, melainkan hanya merupakan sifat atom pada molekul. Sifat pada atom tunggal yang setara dengan elektronegativitas adalah afinitas elektron.

Sifat ini pada sebuah unsur bervariasi tergantung pada lingkungan kimiawi, namun biasanya bisa dianggap sebagai sifat yang terpindahkan. Yaitu sebuah nilai yang dianggap akan berlaku pada berbagai situasi yang bervariasi.

Tingkat elektronegatifitas suatu unsur kimia dapat dilihat dari tabel periodik seperti gambar di atas.

Dari tabel periodik unsur kimia, makin ke kanan elektronegatifitas suatu unsur kimia makin meningkat. Makin ke bawah, sifat ini dalam suatu unsur kimia makin menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *