Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM

Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM adalah proses pemisahan logam-logam dalam golongan PGM yang dilakukan menggunakan larutan kimia. Platina dan Palladium merupakan 2 unsur kimia logam yang dimasukkan dalam logam-logam golongan platina (Platinum Group Metals).

Logam-logam yang masuk dalam golongan platina yaitu ; platina (Pt), palladium (Pd), rhodium (Rh), iridium (Ir), ruthenium (Ru), dan osmium (Os).

Di alam dan dalam bentuk aplikasi (perhiasan, peralatan elektronik, dan sebagainya), sebagian dari logam-logam ini bercampur antara satu dan lainnya. Karena penampilan yang mengkilap dan keras, Rhodium banyak digunakan sebagai pelapis perhiasan emas putih dan perhiasan yang terbuat dari perak.

Emas putih merupakan perhiasan yang dibuat dari campuran berbagai jenis logam mulia dan logam dasar. Sebagai contoh variasi campurannya sebagai berikut :

  • Au-Ag-Pd-Rh (emas-perak-palladium-rhodium)
  • Au-Pd-Ni (emas-palladium-nikel)
  • Au-Ag-Ni (emas-perak-nikel)
  • Ag-Pd-Ni (perak-palladium-nikel)
  • Pt-Pd-Rh (platina-palladium-rhodium)

Karena sifat kebal terhadap hampir semua jenis bahan kimia, maka pemurnian masing-masing logam dalam golongan platina membutuhkan pengetahuan yang jauh lebih rumit dibandingkan pemurnian logam emas dan perak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memisahkan masing-masing logam dalam golongan platina. Namun masing-masing cara digunakan untuk jenis unsur PGM tertentu, dan tak bisa digunakan untuk unsur PGM lainnya.

Misalnya aqua regia. Aqua regia bisa melarutkan logam platina (Pt) dan palladium (Pd), namun sulit untuk melarutkan logam-logam platinum lainnya.

Ebook “Teknik Pemurnian Platina, Palladium, dan PGM” dapat dibaca di sini. Ebook menampilkan ulasan lengkap (Sifat-sifat fisika, kimia, dan berbagai reaksi kimia yang spesifik) dari masing-masing logam dalam golongan platina. Teknik dan petunjuk cara-cara pemisahan masing-masing logam diuraikan secara jelas dan rinci, sehingga membuat pembaca mudah memahami dan mengaplikasikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *