Reduksi dan Reduktor

reduksi-oksidasi

Reduksi adalah peristiwa diperolehnya elektron, atau menurunnya bilangan oksidasi suatu atom, molekul, atau ion. Untuk lebih mudah memahami reduksi, maka bisa kita defenisikan bahwa reduksi adalah peristiwa yang menyebabkan berkurangnya bilangan oksidasi suatu unsur, molekul, atom, ion, menuju nilai negatif.

Beberapa Contoh peristiwa reduksi ditampilkan pada bagian berikut ini :

  • Gas klor Cl2 berubah menjadi ion klor Cl
  • Kation Besi III (Fe3+) berubah menjadi Besi II (Fe2+) atau besi (Fe)
  • Kation tembaga II (Cu2+) berubah menjadi logam tembaga Cu

Peristiwa reduksi terjadi akibat adanya reduktor, yaitu suatu materi yang berupa molekul, atom, atau ion, yang mereduksi molekul, atom, atau ion lainnya. Pada saat proses reduksi, reduktor justru mengalami proses sebaliknya, yaitu oksidasi.

Contoh reaksi reduksi yang terjadi akibat adanya suatu atom yang bertindak sebagai reduktor :

CuSO4 (l)  +  Fe   =====>   FeSO4 (l)  +  Cu (s)                                ………..(i)

Cu 2+  +  SO42-  +  Fe   =========>    Fe 2+  +  SO42-  +  Cu    ……….(ii)

Reaksi kimia di atas (i dan ii) adalah reaksi yang sama, dimana reaksi (ii) merupakan uraian reaksi (i) secara ionik. Besi yang memiliki tegangan elektroda standar lebih rendah daripada tembaga akan mereduksi ion logam tembaga, menjadi logamnya. Dalam hal ini, logam besi atau Fe0 bertindak sebagai reduktor untuk ion logam tembaga (Cu2+) yang tereduksi menjadi logamnya (Cu). Peristiwa berkurangnya billangan oksidasi tembaga dalam reaksi ini (dari Cu2+ menjadi Cu0) disebut sebagai peristiwa reduksi.

Peristiwa reduksi selalu simultan dengan peristiwa oksidasi, artinya setiap peristiwa reduksi selalu menimbulkan reaksi oksidasi. Pada reaksi kimia di atas, peristiwa oksidasi adalah teroksidasinya logam besi (Fe) menjadi ion besi II (Fe2+), di mana kejadian ini terjadi disebabkan adanya oksidator berupa ion tembaga II (Cu2+) yang mengoksidasi logam besi menjadi ion besi II (Fe2+).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.