Cara Mendaftarkan Sitemap ke Google Webmaster

logo webmaster tools

Cara mendaftarkan sitemap ke google webmaster.

Sitemap sangat penting dalam SEO, karena berhubungan dengan proses crawling. Tanpa sitemap ada kemungkinan sebagian konten tak ter-rayapi oleh google, sehingga konten tersebut sulit terindeks dan tampil di search enggine.

Sitemap bisa dibuat secara manual ; artinya tiap membuat konten baru (page atau post) kita harus memasukkan url konten tersebut ke google webmaster tools. Pada website yang lebih mengandalkan penggunaan halaman statis dan tak banyak melakukan proses penambahan atau perubahan konten, tentu cara manual ini cocok untuk dilakukan.

Untuk website yang memiliki konten yang selalu berubah, dinamis,  dan terus bertambah, tentu cara pembuatan sitemap manual sudah tak efektif dan sangat merepotkan. Agar sitemap selalu dibuat secara otomatis di setiap terjadinya perubahan konten dalam website, maka pilihan penggunaan plugin untuk sitemap menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Ada banyak plugin sitemap yang bisa digunakan sebagai generator sitemap. Untuk CMS WordPress, plugin sitemap yang sering digunakan adalah “Google XML Sitemaps”, yang telah dipakai oleh lebih dari 1 juta pengguna, dengan tingkat kepuasan bintang lima. Untuk mendapatkan plugin ini, anda masuk ke url berikut ; https://wordpress.org/plugins/google-sitemap-generator/. Software update terkini adalah “Google XML Sitemaps version 4.0.8”.

Untuk megaplikasikannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Download plugin Google XML Sitemaps
  • Masuk ke dashboard wordpress. Pada dashboard, arahkan kursor ke plugin, pilih tulisan Add New. Saat muncul tampilan Add Plugins, klik “Upload Plugin”.
  • Pada tampilan berikutnya klik “Choose File”. Setelah di klik, cari file “Google XML Sitemaps” yang telah di download sebelumnya, setelah terpilih, klik kotak “Open” dan selanjutnya pilih “Install Now”.
  • Lakukan proses aktivasi plugin yang telah terinstall. Setelah proses aktivasi, lakukan proses setting, dan akhirnya anda mendapat xml.sitemap website yang anda miliki. Copy xml.sitemap yang telah di generasi oleh plugin.
  • Proses selanjutnya anda masuk ke “Search Console” google webmaster, arahkan panah mouse ke tulisan “Crawl” dan klik di tulisan ini. Setelah klik kiri akan muncul tulisan “sitemaps” di bawahnya, lakukan klik pada tulisan ini.
  • Setelah klik tulisan “sitemaps”, muncul tampilan baru dengan tulisan “Sitemaps”, dimana di posisi kanan terdapat tulisan “ADD/TEST SITEMAP”. Saat tulisan “ADD/TEST SITEMAP” diklik, akan muncul menu isian di bawahnya dengan tulisan “Add / Test Sitemaps”, yang dibawahnya tertulis nama website anda. http://www.namadomain.com/ . Lakukan proses paste sitemap di kotak yang telah disediakan. Proses terakhir klik tulisan “Submit Sitemap”. Setelah klik “Submit Sitemap” selesai, maka proses pendaftaran generator sitemaps telah selesai dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.