Golongan Alkali Tanah

Golongan alkali tanah adalah kelompok unsur kimia golongan alkali yang banyak ditemukan di daratan. Golongan ini terletak di kolom ke 2 dari kiri pada tabel periodik, dan disebut sebagai golongan II atau IIA. Unsur-unsur kimia dari golongan ini adalah Berilium (Be), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Terkadang Radium tidak dianggap sebagai unsur dari golongan alkali tanah karena sifat radioaktif yang dimilikinya.

Berbeda dari golongan alkali yang memiliki elektron valensi +1, golongan alkali tanah memiliki elektron valensi +2. Beberapa sifat khas golongan alkali tanah sebagai berikut :

  • Memiliki valensi elektron +2.
  • Senyawa basa nya sebagian besar tak larut dalam air. Kelarutan senyawa basa berbanding lurus terhadap jumlah volume pelarutnya.
  • Banyak ditemukan dan ditambang di daratan.

Meskipun banyak ditemukan di daratan, namun sebagian dari unsur golongan alkali tanah juga ditemukan di perairan laut. Senyawa magnesium dan kalsium merupakan senyawa mineral ke-2 dan ke-3 terbesar di dalam air laut (setelah senyawa NaCl).

Karena sifat logam dari golongan II yang sangat reaktif (sangat mudah teroksidasi), maka di alam seluruh mineral dari golongan alkali tanah tak pernah ditemukan dalam bentuk logamnya.

Senyawa kalsium (Ca) di daratan paling sering ditemukan berupa senyawa kalsium karbonat, yang sering disebut batu kapur (calcite). Batuan kapur merupakan batuan yang paling mudah ditemukan. Senyawa magnesium sering ditemukan berasosiasi dengan senyawa kalsium di batuan kapur, dengan komposisi yang bervariasi.

Di alam, senyawa barium memiliki bentuk yang sama dengan kapur, namun mineral barium terbanyak justru dari senyawa barium sulfat (BaSO4), dimana secara geologi batuannya diberi nama barite (barit).

Mineral kalsium dan magnesium banyak digunakan sebagai pengendali pH tanah dan untuk kebutuhan pupuk, sedangkan mineral barium digunakan untuk proses pemurnian garam.

Tinggalkan Balasan