Kalium / Potassium

Kalium / potassium merupakan unsur kimia yang bernomor atom 19, dan termasuk dalam logam-logam golongan alkali. Atom ini berada di kolom 1 dan periode 4 dari daftar periodik unsur. Sama halnya dengan unsur-unsur alkali lainnya, kalium juga memiliki bilangan oksidasi +1.

Dalam bentuk logamnya, potassium berwarna putih keperakan dan lunak. Dan dalam bentuk elemen logamnya, potassium merupakan oksidator yang sangat kuat. Logam ini bereaksi sangat cepat dengan udara dan air. Sama dengan logam-logam lain yang satu golongan dengannya, hampir semua senyawa kalium larut mudah dalam air.

Di alam, potassium diekploitasi dari mineral sylvite (KCl), carnallite (KCl.MgCl2.6H2O), dan langbeinite (MgSO4.K2SO4). Kalium juga ditemukan di pinggir-pinggir perairan asin yang memiliki tingkat penguapan tinggi (penambangan sylvite di Laut Mati yang dilakukan oleh Yordania dan Israel).

Kalium juga selalu ditemukan di air laut dan garam yang diperoleh dari proses penguapan.

Sifat Kimia Potasium

Nomor Atom         :  19

Massa Atom          : 39

Kategori Unsur     : Logam Golongan Alkali (Golongan IA)

Periode                    : 4

Elektronegatifitas : 0,82 skala pauling

Radius Atom          : 227 pm (empiris)

Sifat Fisika Potasium

Fase            : Solid

Titik leleh  : 63,50C

Titik Didih : 7590C

Massa Jenis : 0,86 gr/ml

Kandungan ion potasium di air laut rata-rata 1,13% dari total berat mineral yang terlarut dalam air laut. 

Proses pemurnian air laut dan proses pembuatan garam industri bisa menghasilkan senyawa kalium klorida sebagai salah satu produk selain garam. 

Pada proses pembuatan garam industri, pemisahan potasium klorida dilakukan saat berlangsungnya kristalisasi garam, yang berlangsung pada suhu tinggi. 

Potasium merupakan unsur kimia yang sangat penting bagi tanaman. Kekurangan potasium akan mengakibatkan banyak masalah pada tanaman, mulai dari perkembangan daun yang lambat, hingga produktifitas hasil yang sangat rendah.

Potasium juga memegang peranan penting dalam tubuh manusia dan hewan. Berbagai jenis penyakit akan muncul jika manusia mengalami kekurangan kalium dalam tubuhnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *