Magnesium

Unsur kimia Magnesium adalah unsur kimia logam yang diberi simbol Mg dengan nomor atom 12. Dalam logamnya, unsur ini berwarna abu-abu mengkilap. Magnesium termasuk dalam golongan alkali tanah (berada di kolom ke-2 periode ke-3).

Di alam, unsur kimia magnesium ditemukan di darat dan air laut. Di darat magnesium kebanyakan ditemukan dalam batu kapur (lime stone), umumnya berupa senyawa MgCO3. Di laut magnesium membentuk ion Mg2+, dan merupakan  unsur ke-3 terbesar yang larut dalam air laut.

Karena reaktifitasnya yang tinggi, magnesium di alam tak pernah ditemukan dalam bentuk logam (native).

Magnesium merupakan unsur terbesar ke-11 di dalam tubuh, dan memiliki peran ke-6 terpenting dalam kesehatan tubuh.

Sifat Fisika Magnesium

Phase : Solid

Titik Leleh      : 6500C

Titik Didih      : 10910C

Massa Jenis    : 1,74 gr / ml

Radius Atom   : 160 pm

Sifat Kimia magnesium

Nomor atom     : 12

Berat Atom       : 24,3

Kategori unsur : alkali tanah

Perioda               : 3

Magnesium klorida bersifat higroskopis, sehingga banyak digunakan sebagai bahan kimia penangkap debu di wilayah-wilayah penambangan dan jalan-jalan perintis. Magnesium klorida juga digunakan sebagai obat-obatan untuk mencegah bermacam penyakit.

Logam magnesium digunakan sabagai campuran besi untuk mempertahankan anti karat besi. Magnesium digunakan sebagai anoda korban pada pipa-pipa baja untuk saluran minyak dan gas. Logam magnesium juga digunakan sebagai perlindungan katodik pada fondasi tiang-tiang besi, seperti tiang listrik.

Senyawa magnesium merupakan kunci dari gugus kimia klorofil, yang sering disebut sebagai zat hijau daun. Tanpa magnesium, klorofil tak mungkin ada.

Para penderita astma sering melakukan therapy di pantai. Ini disebabkan uap air laut mengandung sejumlah ion magnesium, yang saat dihirup masuk ke paru-paru, dan terserap oleh darah merah. Magnesium salah satu obat penangkal astma dan puluhan jenis penyakit lainnya.

Penggunaan ion magnesium sebagai obat untuk berbagai penyakit telah terbukti dan diterapkan selama ribuan tahun. Di beberapa daerah yang airnya mengandung magnesium tinggi, usia hidup dan kesehatan warga setempat jauh lebih baik dibanding daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *