Cara Menginstalasi dan Menggunakan WP Super Cache

plugin wp-supercache

Secara umum memori cache adalah memori yang dikhususkan untuk melayani permintaan data yang memerlukan kecepatan tinggi. Pada dunia internet, cache memory disediakan oleh server suatu website. Adanya lalulintas data dan banyaknya permintaan data dari luar yang masuk ke server akan membebani unit memori pada server, sehingga untuk mengimbangi kecepatan permintaan tersebut dibutuhkan suatu server yang memiliki kapasitas cache cukup besar. Jika memori cache yang tersedia cukup kecil, aklan terjadi proses akses keluar masuk data yang berjalan lebih lambat. Makin tinggi traffic terhadap suatu website membuat makin lambat waktu akses suatu data dari website tersebut.

Kecepatan akses / lalu lintas data sangat mempengaruhi kualitas suatu website. Kecepatan akses yang sangat baik akan memudahkan mesin pencari menaikkan peringkat pencarian kata yang ada dalam website, sehingga membantu dalam menaikkan jumlah traffic terhadap website tersebut, demikian pula sebaliknya. Pada beberapa website yang memiliki hosting bersama dalam server yang sama (share hosting), lambatnya kecepatan akses suatu data sudah menjadi masalah utama yang lumrah terjadi.

Para pengembang CMS WordPress memiliki beberapa solusi untuk mengatasi lambatnya akses data dari suatu server, yang salah satu diantaranya menggunakan plugin untuk cache. Plugin ini bekerja menyediakan data yang diminta tanpa harus berhubungan dengan server suatu website, sehingga dapat mempercepat akses data suatu website.

Ada beberapa plugin cache wordpress yang terkenal, antara lain W3 Total Cache, WP-Super Cache, Quick Cache, Hyper Cache, WP Fastest Cache. Namun pada sesi ini kita hanya membahas dan menerapkan satu diantaranya, yaitu plugin WP-Supercache. Penerapan plugin WP-Super Cache dalam suatu website dapat dengan mudah dilakukan. Langkah-langkah penerapannya sebagai berikut :

Proses Instalasi Plugin WP-Super Cache

Cara termudah melakukan instalasi plugin ini sebagai berikut :

  • Arahkan kursor mouse ke menu plugin pada dashboard wordpress, kemudian lakukan klik kiri.Setelah klik kiri akan muncul sub-menu “Installed Plugins”, “Add New”, dan “Editor”. Arahkan panah mouse ke “Add New”, lakukan klik kiri pada tulisan tersebut.
  • Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar 1. Jika pada tampilan ada plugin wp super cache (seperti gambar 1), maka proses selanjutnya bisa dilakukan langsung install, namun jika tak ditemukan plugin wp super cache, proses pencarian bisa dilakukan dengan memasukkan keyword “WP Super Cache” pada kotak pencarian, enter, dan selanjutnya akan muncul plugin wp super cache.

Dashboar Add Plugin pada wordpress

 

Gambar 1. Dashboard Add Plugin pada wordpress

Halaman 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.