Magnesium dan Ratusan Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kehidupan

I. Magnesium di Alam

Di alam, mineral magnesium ditemukan di tanah dan bebatuan, air, air laut, dan pada zat hijau daun (klorofil).

I.1. Sumber Magnesium

Sumber Magnesium di Alam

Magnesium merupakan unsur kimia berupa logam yang berada di golongan IIA (Golongan Alkali Tanah) pada tabel periodik unsur-unsur kimia, bersama-sama dengan Berilium, Kalsium, Strontium, Barium, dan Radium. Di alam, magnesium ditemukan pada lebih dari 60 jenis batuan mineral, namun sumber mineral utama yang memiliki nilai ekonomi untuk ditambang adalah dolomite, magnesite, brucite, carnalite, talc, dan olivine. Magnesium juga ditemukan dalam jumlah yang sangat besar pada air laut (kandungan magnesium klorida dalam air laut bisa mencapai 500 ppm), sehingga air laut merupakan sumber utama terbesar dari kandungan logam magnesium di seluruh dunia.

Logam magnesium bersifat sangat reaktif, sehingga selalu ditemukan di alam dalam bentuk senyawa kimia dengan unsur-unsur kimia lain. Pada air laut, magnesium terionisasi menjadi kation Mg2+, yang mana jika mengalami pengeringan akan membentuk senyawa Kristal Magnesium Klorida (MgCl2). MgCl2 memiliki kelarutan yang tinggi dalam air (kelarutan pada suhu 200C 543 gram/ Liter, kelarutan dalam air pada suhu 1000 C mencapai 726 gram/Liter).

Kristal senyawa magnesium klorida memiliki sifat yang sangat higroskopis, sehingga penyimpanannya memerlukan ruang yang tertutup rapat dari udara (ruangan vakum). Ketika Kristal ditaruh di ruangan yang terbuka, magnesium klorida akan dengan sangat cepat melakukan penyerapan air dari udara, yang pada akhirnya menghasilkan larutan magnesium klorida.

Magnesium Pada Zat Hijau Daun

Klorofil a (zat hijau daun) mengandung ion magnesium yang terbungkus dalam struktur cincin besar yang dinamai cincin klorin. Cincin chlorin adalah senyawa heterosiklik yang berasal dari pirol. Dalam cincin klorin, empat atom nitrogen dari chlorin mengelilingi dan mengikat 1 atom magnesium.

Struktur kimia klorofil ini identik dengan struktur kimia sel darah merah pada tubuh (hemoglobin), kecuali pada sel darah merah, atom Mg pada pusat cincin digantikan oleh atom Fe (besi) pada sel darah merah.

Ke halaman 2…

Tinggalkan Balasan