Rilis Ebook Pengolahan Emas Menggunakan Thiourea

Thiourea merupakan senyawa organik yang mirip dengan urea, kecuali 1 atom oksigennya diganti dengan atom sulfur. Thiourea terdapat dalam 2 jenis, yaitu thiourea oksida dan thiourea sulfide. Adapun jenis thiourea yang berfungsi melarutkan emas adalah thiourea sulfide, atau sering disebut dengan nama thiocarbamide. Berbeda dengan sianida dan thiosulfat yang diaplikasikan pada larutan bersuasana basa, pelarutan emas menggunakan thiourea dilakukan pada suasana asam.

Thiourea merupakan salah satu solusi pelarut emas pengganti sianida, karena sifat senyawa kimia ini yang tak beracun. Pada beberapa Negara yang telah melarang pemakaian sianida, penggunaan thiourea telah mulai massif dilakukan. Emas dengan thiourea membentuk larutan kompleks, dimana emas thiourea merupakan kation kompleks, namun berbeda dengan senyawa kompleks emas lainnya (emas sianida, emas thiosulfat, dan tertakloroaurat yang membentuk anion).

Pada dasarnya, bukanlah thiourea yang melarutkan emas, melainkan formamidine disulfide, dimana senyawa ini mudah dibuat dari thiourea. Formamidine adalah senyawa organic yang labil, sehingga tingkat kesulitan dalam proses thiourea terletak pada bagaimana menjaga kestabilan senyawa ini. Pelarutan emas menggunakan thiourea, sebagaimana halnya sianida dan thiosulfat, juga menggunakan beberapa senyawa kimia tambahan, mulai dari senyawa pengatur pH, hingga senyawa yang berfungsi sebagai katalis (pemercepat laju pelarutan emas).

Untuk lebih memahami cara ekstraksi emas menggunakan thiourea, bestekin.com telah merilis ebook “Teknik Ekstraksi Emas menggunakan Thiourea”, yang dapat dibaca pada link berikut ; https://bestekin.com/metalurgi-mineral/e-book-metalurgi/teknik-ekstraksi-emas-menggunakan-thiourea/.

Tinggalkan Balasan