Pengolahan Galena Menggunakan Aluminium

batu galena

Galena adalah batuan mineral logam dengan timah hitam (timbal) sebagai kandungan logam utama. Karena sebagai logam mayor, maka galena merupakan batuan mineral yang menjadi sumber utama penghasil timah hitam. Timah hitam yang ada dalam batuan galena bersenyawa dengan belerang, membentuk ikatan kimia tak larut PbS (plumbum sulphide) yang berwarna hitam. Senyawa PbS bersifat sangat stabil dalam lingkungan, dan memiliki kelarutan dalam air yang sangat rendah, yaitu 2.6×10−11 kg/liter. Senyawa PbS juga sangat stabil terhadap kenaikan suhu yang tak terlalu ekstrim. Suhu lingkungan yang naik hingga 3000C tidak menghasilkan perubahan struktur kimia terhasap senyawa PbS. Ini sebabnya mengapa keberadaan mineral galena di dalam tanah tak mempengaruhi kelarutan timbal sulfida dalam air tanah.

Kandungan Logam-Logam Dalam Galena

Logam utama dalam batuan galena adalah timah hitam (timbal). Pada beberapa batuan galena yang memiliki konsentrasi timbal tinggi, kandungan timbal bisa mencapai hingga 80% dari total berat ore, dimana sisa berat sebesar 20% didominasi oleh unsur belerang. Namun dalam kebanyakan urat galena, kandungan timbal umumnya berkisar antara 10% hingga 40% dari total berat batuan.

Disamping sebagai sumber utama penghasil logam timah hitam, galena juga mengandung berbagai jenis logam ikutan lain, yang sebagian besar diantaranya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di beberapa tempat ditemukan juga batuan galena yang bercampur dengan batuan sphallerite, yang merupakan sumber bahan baku pembuatan logam zinc. Dalam beberapa jenis sampel batuan, ditemukan kandungan logam timbal dan logam zinc yang seimbang dalam batuan, dan pada sebagian sampel lainnya, zinc yang berasal dari senyawa logam zinc (ZnS) merupakan kandungan logam mayor ke-2 setelah timbal.

Pelatihan Pengolahan Galena Menggunakan Aluminium.….

Kehadiran logam perak dalam galena sangat umum, dan selalu ditemukan dalam berbagai tingkatan persentase. Dalam beberapa kasus, kandungan perak dalam galena bisa mencapai 1% dari total berat galena, dalam kasus lainnya bahkan bisa lebih dari 1%. Namun umumnya perak dalam galena berada di kisaran 1000 ppm, atau 0,1% dari total berat batuan.

Emas selalu ditemukan dalam batuan galena, dengan kandungan yang bervariasi. Secara umum, kandungan emas rata-rata dalam galena berkisar antara 5 ppm – 7 ppm. Dalam beberapa sampel, ditemukan kandungan emas yang bisa mencapai 15 kilogram dalam 1 ton galena ore. Ini ditemukan pada beberapa spot yang bersinggungan dengan urat dari batuan emas, khususnya urat emas yang mengandung arsenopyrite.

Ke halaman 2…

2 KOMENTAR

  1. Apakah sudah ada yg produksi Timah Hitam dlm bentuk Batangan..?
    Sy mau beli Timah Hitam Batangan-nya..

    Atau dimana sy bisa belajar Pengolahan Galena dg menggunakan Alumunium ini..?
    Hub. WA. 081326158684

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.