Berbagai Cara Ekstraksi Merkuri dari Cinnabar

Logam merkuri umumnya dihasilkan dari batuan cinnabar, dimana batuan jenis ini mengandung senyawa merkuri II sulfida (HgS) sebagai mineral utama. Untuk memperoleh merkuri, maka kation merkuri harus direduksi dari senyawa sulfidanya.

Ada beberapa cara untuk mengekstraksi merkuri dari batuan cinnabar, baik secara pyrometallurgy maupun menggunakan proses hydrometallurgy. Cara-cara yang umum dilakukan saat ini menggunakamn metode pyrometallurgy, yaitu menggunakan panas untuk memisahkan merkuri dari belerang.

Ekstraksi Merkuri Menggunakan Hydrometallurgy

Ekstraksi merkuri secara hydrometallurgy dapat dilakukan menggunakan bahan kimia sebagai pelarut merkuri, dimana selanjutnya larutan dipisahkan dari partikel padat tak larut, yang kemudian diredukjsi kembali menjadi logam merkuri.

Pelarutan merkuri dari cinnabar bisa dilakukan menggunakan proses klorinasi menggunakan air raja, atau bisa juga menggunakan pelarut hidrogen bromida. Reaksi jyang terjadi seperti di bawah ini :

3 HgS(s)+ 2 HNO3(l) + 6 HCl(l) ==> 3 HgCl2 (l) + 2 NO2(g) + 3 S(S)  +  2 H2O(aq) + 2 H2(g) ……(i)

HgS (s)  +  2 HBr  (l)  ===>   HgBr2 (l)  + H2 (g)  +  S (s)  …………(ii)

Pada 2 reaksi kimia di atas, terlihat bahwa merkuri larut membentuk  senyawa merkuri II, yang selanjutnya bisa dipisahkan dari padatan yang tak larut dalam air raja atau pelarut hidrogen bromide. Selanjutnya merkuri bisa dihasilkan dari larutan melalui proses reduksi menggunakan reduktor yang tepat baginya.

Ekstraksi merkuri dari cinnabar bisa juga dilakukan menggunakan senyawa sodium sulfida. Ekstraksi merkuri dari cinnabar pun bisa dilakukan menggunakan metoda flotasi.

Berbagai cara ekstraksi merkuri menggunakan hydrometallurgy diulas dalam ebook pembuatan-merkuri-dari-cinnabar.

Ekstraksi Merkuri Menggunakan Proses Pyrometallurgy

Pyrometallurgy merupakan suatu proses metalurgi yang dilakukan  pada panas tinggi. Pada suhu tinggi (12000C), dengan kehadiran udara, merkuri melepas ikatan dengan belerang, dan tereduksi menjadi logamnya. Pada situasi ini, belerang teroksidasi oleh udara membentuk gas SO2, seperti reaksi kimia di bawah ini.

HgS (s)  +  O2 (g)    =====>    Hg (s)  +  SO2 (g)    ……………..(iii)

tabung penyulingan merkuri tradisional

 

Gbr 1. Mesin Penyuling Merkuri Tradisional

Ke halaman 2…

8 comments

Tinggalkan Balasan