Zinc Anode Sebagai Pelindung Kapal dari Korosi Air Laut

Kapal-kapal modern yang mengutamakan kekuatan fisik, daya angkut beban besar, dan kecepatan tinggi, menggunakan baja di sebagian besar konstruksi fisik dan permesinannya. Kapal-kapal besar terdiri dari kapal-kapal niaga, kapal-kapal penumpang, kapal-kapal riset dan SAR, serta kapal-kapal perang, dan kapal-kapal untuk kegunaan lainnya.

Besi yang merupakan bagian terbesar dari konstruksi kapal, mudah mengalami korosi yang disebabkan oleh air laut. Untuk menurunkan laju korosi yang tinggi, maka baja harus mendapat perlindungan yang baik. Perlindungan didapat melalui pelapisan permukaan baja menggunakan cat anti korosi, dan perlindungan bagian-bagian yang penting menggunakan logam-logam yang lebih reaktif sebagai anoda.

Proteksi katoda adalah cara pengendalian korosi suatu logam menggunakan reaksi elektrokimia, di mana reaksi oksidasi dalam sel galvanik terkonsentrasi pada anoda, yang mampu menekan laju korosi katoda dalam sel yang sama.

PerlindunganKatoda (Catode Protection / CP)

Ketika logam berbeda berada dalam kontak listrik atau fisik di dalam larutan elektrolit, korosi galvanik dapat terjadi pada logam tersebut. Proses ini mirip dengan sel DC sederhana di mana logam yang lebih reaktif bertindak sebagai anoda yang lebih mudah teroksidasi, dan logam yang kurang reaktif bertindak sebagai katoda yang dilindungi. Gaya gerak listrik (EMF) seri yang ditunjukkan pada Tabel 1 dapat digunakan untuk memprediksi logam yang akan menimbulkan korosi pada kontak dengan logam lain, berdasarkan apakah itu katoda atau anoda terhadap yang lain.

Proteksi katoda adalah cara pengendalian korosi menggunakan prinsip elektrokimia, di mana reaksi oksidasi dalam sel galvanik terkonsentrasi pada anoda dan menekan korosi dari katoda dalam sel yang sama. Gambar 1 menunjukkan sistem perlindungan katoda sederhana. Pipa baja katodik dilindungi oleh koneksi ke anoda magnesium yang ditanam di elektrolit tanah yang sama.

Perlindungan katodik pertama kali dikembangkan oleh Sir Humphrey Davy pada tahun 1824 sebagai cara untuk mengendalikan korosi pada kapal-kapal angkatan laut Inggris. Hampir semua pipa modern dilapisi dengan lapisan pelindung organik yang dilengkapi dengan sistem proteksi katodik berukuran tertentu, untuk mencegah korosi pada lapisan pelindung. Kombinasi lapisan pelindung dan proteksi katodik digunakan pada hampir semua struktur baja karbon yang tenggelam atau tertanam, dengan pengecualian dari platform produksi minyak lepas pantai dan struktur beton bertulang.

Ke halaman 2…

One comment

  1. Spesifikasi Produk SFU Aluminium Flush Mounted Anode
    Perusahaan kami Memproduksi berbagai macam ukuran dan sepesifikasi Aluminium & Zinc Anode / Chatodic Protection dengan merek SFU Anode, dan kami juga dapat membuat cathodic protection yang di sesuaikan dengan spesifikasi dan aplikasi yang custumer butuhkan.

    Kapasitas Produksi Chatodic Protection yang kami buat bisa mencapai 100 Ton/ Bln. Dengan Fasilitas Reverb Crucible Furnace 2 unit kapasitas 200 Kg/ melt dan 1 unit Reverberactory furnace 850 Kg/ melt.

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami.

    085795980444

Tinggalkan Balasan