Unsur Kimia Stibium (Antimony), Sifat Kimia dan Fisikanya

Antimony merupakan suatu unsur kimia mirip logam, yang termasuk dalam golongan metalloids. Antimony adalah nama populer dari unsur kimia stibium (Sb), dimana dalam berbagai reaksi kimia selalu menggunakan symbol kimia Sb. Unsur kimia ini banyak ditemukan di alam, dimana umumnya berikatan kimia dengan belerang dalam senyawa sulfide Sb2S3, yang dalam ilmu geologi diberi nama stibnite.

Pada tabel periodik unsur-unsur kimia, antimony ditempatkan pada kelompok nitrogen (kelompok 15). Antimony stabil di udara pada suhu kamar, tapi bereaksi dengan oksigen jika dipanaskan, membentuk senyawa baru antimony III oksida, Sb2O3. Unsur kimia antimony adalah metalloid yang berwarna abu-abu keperakan,  berkilau jika terkena sinar. Antimony termasuk unsur metalloid yang relatif tahan terhadap serangan beberapa jenis asam.

Nomor Atom                                                 51

Massa Atom                                                   121.75 g.mol -1

Elektronegatifitas Skala Pauling         1.9

Massa Jenis Pada suhu Kamar             6.684 g.cm-3

Titik Leleh                                                      631 °C

Titik Didih                                                      1587 °C

Potensial Elektroda Standar                  0.21 V ( Sb3+| Sb)

Antimony di Alam

Antimony banyak ditemukan di pegunungan yang kaya akan batuan mineral logam. Jumlah unsur kimia ini diperkirakan lebih besar dari unsur kimia perak, dan ditemukan di hampir setiap jenis batuan mineral logam. Kandungan antimony terbesar berada pada batuan berjenis stibnite, yang merupakan sumber utama dari antimony. Antimony juga ditemukan dalam jumlah signifikan pada batuan berjenis arsenopyrite, galena, dan sphalerite. Meskipun di  Finlandia ditemukan deposit antimony yang sudah elemental (sudah berupa metalloid murni), namun sebagian besar antimony yang diproduksi berasal dari bahan baku batuan stibnite.

Ke halaman 2…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *