Sifat Kimia dan Fisika, Serta Fungsi dan Kegunaan Unsur Kimia Boron

serbuk borax dekahidrat

Unsur kimia Boron merupakan unsur kimia berjenis metalloid yang diberi simbol B dan nomor atom 5. Boron terkonsentrasi secara massif di perairan laut. Senyawa dari unsur kimia ini ditambang dalam bentuk boraks dan kernite. Saat ini Turki merupakan penghasil boron terbesar di dunia, diikuti oleh Amerika Serikat sebagai penghasil terbesar ke-2.

Boron umumnya digunakan dalam bentuk senyawa kimia nya. Sekitar separuh dari boron digunakan sebagai aditif dalam serat gelas boron yang mengandung fiberglass untuk bahan isolasi dan bahan pembuat struktur. Penggunaan terbesar berikutnya adalah pada polimer dan keramik berkekuatan tinggi, bahan pembentuk struktural yang ringan dan dan bahan tahan api.

Kaca gelas pyrex yang terbuat dari borosilikat memiliki koefisien muai ruang yang rendah, membuat kaca jenis ini tahan terhadap perlakuan panas yang tiba-tiba, dan tahan untuk penggunaan pada suhu tinggi. Senyawa boron (borax) digunakan sebagai pupuk untuk pertanian, sedangkan natrium perborate digunakan sebagai pemutih. Sejumlah kecil boron digunakan sebagai dopan dalam semikonduktor, dan reagen antara dalam sintesis bahan kimia organik.

Dalam dunia biologi, seperti halnya garam meja, borat memiliki toksisitas rendah pada mamalia. Namun senyawa ini beracun bagi arthropoda, sehingga bisa digunakan sebagai insektisida. Asam borat bersifat anti-mikroba dan juga merupakan antibiotik alami.

Boron sangat penting untuk kehidupan. Senyawa boron berperan dalam penguatan dinding sel dari semua tanaman, membuat boron dibutuhkan sebagai salah satu bagian dari gizi tanaman. Boron terlibat dalam metabolisme kalsium di kedua jenis mahluk hidup, tumbuhan dan hewan.

Dalam jumlah yang sesuai, senyawa boron juga merupakan nutrisi penting bagi manusia, dan defisiensi boron menyebabkan terjadinya osteoporosis, dan juga beberapa penyakit lainnya.

Unsur kimia boron murni sangat sulit ditemukan dan dibuat. Sebagian besar dari studi “boron” melibatkan sampel yang mengandung sejumlah kecil karbon. Perilaku kimia boron menyerupai silikon dibanding aluminium.

Kristal boron kebal terhadap bahan kimia dan tahan terhadap serangan asam fluorida atau klorida panas. Boron kristal yang lebih halus halus diserang perlahan-lahan oleh hidrogen peroksida pekat panas, asam nitrat pekat panas, asam sulfat panas atau campuran sulfat panas dan asam kromat.

Laju oksidasi unsur kimia boron tergantung pada kristalinitas, ukuran partikel, kemurnian, dan suhu. Boron tidak bereaksi dengan udara pada suhu kamar, tetapi pada suhu yang lebih tinggi unsur ini terbakar membentuk senyawa boron trioksida:

4 B + 3 O2 → 2 B2O3

Unsur boron murni terhalogenasi oleh gas-gas halogen, ,membentuk senyawa trihalida. Contoh persamaan berikut memperlihatkan reaksi kimia antara gas brom (Cl2) dan unsur kimia boron.

2 B + 3 Br2 → 2 BBr3

Namun senyawa boron triklorida lebih mudah dibentuk melalui reaksi antara gas klor dengan senyawa oksida boron.

Ke halaman 2…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.