Apakah Air Alkali (Air Alkaline / Alkaline Water) Baik Untuk Kesehatan ?

Mengkonsumsi air bersih dan murni merupakan pangkal kesehatan yang baik. Lebih dari 80% berat tubuh kita berupa air, sehingga asupan air murni yang berkelanjutan sangat penting untuk setiap fungsi di dalam tubuh. Air memiliki rumus kimia H2O, tanpa embel-embel mineral atau air alkalin. Air sehat adalah air yang memiliki kandungan molekul H2O tertinggi. Makin murni air yang dikonsumsi, makin sehatlah air tersebut jika dikonsumsi.

Modernisasi memiliki dampak negatif berupa tingginya tingkat pencemaran lingkungan hidup, terutama pencemaran terhadap air dan perairan. Saat ini hampir semua sumber-sumber air alami telah tercemar (termasuk air yang berasal dari hujan). Persoalan ini diperparah oleh kebingungan besar yang muncul dalam menilai jenis air yang tepat dikonsumsi dan membantu bagi kesehatan seseorang.

Sebagian orang  memilih air alkali / air alkalin sebagai minuman utama mereka, disebabkan banyaknya kampanye yang berslogan benefit kesehatan yang diperoleh (sebagian besar tanpa dasar argumentasi yang jelas) jika mengkonsumsi air alkalin. Sebagian lainnya keranjingan air mineral, meskipun tidak tahu arti mineral yang sesungguhnya. Sebagian lagi mengkonsumsi air rendah mineral, atau air yang terbebas dari kandungan mineral di dalamnya (Air TDS = 0 atau potable water).

Pengertian Alkali dan Air Alkali / Air Alkaline

Alkali / alkalin atau alkaline memiliki beberapa arti, yang disesuaikan dengan kata-kata ikutannya. Dalam pengelompokan unsur-unsur kimia, alkali adalah unsur-unsur kimia yang berada di golongan IA, dimana semua unsur-unsur ini memiliki valensi elektron = +1. Unsur-unsur kimia dalam golongan IA juga memiliki banyak kesamaan sifat antara 1 unsur kimia dan unsure kimia lainnya.

Unsur-unsur kimia dalam golongan alkali adalah lithium (Li), Kalium atau potasium (K), Natrium (Na), Rubidium (Rb), Cesium (Cs), dan Fransium (Fr).

Dalam istilah umum, alkali atau alkaline sering dihubungkan dengan sifat kebasaan, yaitu suatu senyawa logam alkali yang memiliki pH di atas 7. Senyawa alkali jenis ini sudah bisa dipastikan berupa ikatan kimia antara ion logam-logam alkali dan anion hidroksil (OH). Ion hidroksil (OH) adalah anion pembawa basa.

Ke Halaman 2

Tinggalkan Balasan