Proses pembuatan garam dari air laut pada dasarnya adalah salah satu dari “Proses Pengolahan Air Laut”. Air laut tak hanya mengandung senyawa ion NaCl, namun juga terdiri dari puluhan senyawa-senyawa kimia lainnya. Meskipun NaCl merupakan mineral utama terlarut, namun mineral-mineral lain juga bisa diekstrak dan memiliki pasar dan nilai jual yang cukup tinggi.

Pembuatan garam kualitas tinggi (spesifikasi industri) secara langsung juga menghasilkan sedikitnya 9 jenis senyawa kimia lain, yang sebagian besar diantaranya (saat ini) masih diperoleh melalui impor.

Persoalan rendahnya kuantitas dan kualitas hasil produksi garam yang masih berlangsung hingga saat ini, diharapkan mampu terselesaikan dengan mulai diterapkannya (dalam skala pilot project) teknologi pengolahan air laut menggunakan metode bestekin.

 Demplot hasil kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam program swakelola yang dikelola oleh Subdirektorat Pemanfaatan Air Laut dan Biofarmakologi, yang merupakan salah satu dari unit kerja Direktorat Jasa Kelautan, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, saat ini mulai dioperasikan oleh Koperasi Produsen Garam Rejeki Agung, Indramayu.

Kandungan Unsur-unsur Kimia dalam Air Laut

 Air laut mengandung puluhan jenis unsur-unsur kimia yang larut berupa ion-ion dan senyawa di dalamnya. Dari puluhan jenis senyawa tersebut, ada beberapa unsur atau ion dominan yang merupakan kandungan mayoritas di dalam air laut.

kandungan air laut

 

Gbr 1. Kandungan Mineral Utama dalam Air Laut

Dari gambar 1 dfapat disimpulkan, bahwa mineral utama dalam air laut adalah NaCl. Mineral ke-2 terbesar berupa senyawa-senyawa magnesium, diikuti kalsium dan potassium. Anion terbesar adalah klor (Cl), diikuti oleh sulfat (SO42-) dan anion-anion lainnya.

Riset yang dikembangkan oleh bestekin.com selama hampir 4 tahun telah berhasil mengekstrak 14 senyawa kimia, dimana salah satunya adalah NaCl. 13 senyawa lain ternyata memiliki nilai ekonomis dan sangat penting bagi perekonomian nasional.

Ke halaman 2

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *