Mengapa Suhu Udara di Dataran Tinggi Lebih Dingin Dari Suhu Dataran Rendah?

Sinar Matahari

Dataran tinggi atau di tempat-tempat yang lebih tinggi selalu memiliki suhu udara yang lebih sejuk dibanding suhu udara di dataran rendah. Tiap hari orang-orang piknik ke puncak dan sekitarnya, demi untuk menikmati udara sejuk dan dingin. Saat anda naik ke puncak menara Monas, suhu udara akan lebih sejuk dibanding suhu dibawahnya. Puncak gedung-gedung dan puncak-puncak apartemen tinggi juga memiliki suhu yang lebih sejuk dibanding suhu di lantai dasar.

Saat kita naik pesawat terbang, monitor LCD-LCD navigasi sering menampilkan suhu di luar pesawat. Suhu di luar pesawat turun secara signifikan seiring naiknya ketinggian jelajah dari suatu pesawat terbang. Namun apa yang jadi penyebab lebih dinginnya suhu udara tersebut?!

 Ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya suhu di ketinggian. Beberapa sebab tersebut antara lain :

  • Rendahnya kelembaban udara
  • Turunnya tekanan udara, yang menyebabkan renggangnya butir-butir udara di ketinggian.

Jika mengikuti logika sederhana, makin tinggi suatu tempat, makin dekat tempat tersebut dengan matahari. Harusnya makin tinggi suatu tempat, makin panas lah tempat tersebut. Namun kenapa makin dingin?!

Konsep Cahaya dalam Fisika Modern

Dalam fisika modern, pancaran cahaya matahari adalah pancaran photon yang membawa energi (khususnya jika terjadi impuls pada benda-benda yang ditabrak).

Dalam teori kuantum elektromagnetisme, radiasi gelombang elektromagnetik (EMR-Electromagnetic Radiation) adalah tembakan photon-photon, suatu partikel elementer yang bertanggungjawab atas semua interaksi elektromagnetik. Efek kuantum memberikan sumber tambahan EMR, seperti transisi elektron ke tingkat energi yang lebih rendah dalam atom dan radiasi pada benda-benda hitam.

Energi dari photon tunggal dikuantisasi dan lebih besar untuk photon dari frekwensi yang lebih tinggi. Hubungan ini diberikan oleh persamaan Planck E = hv, dimana E adalah energi per masing-masing photon, v adalah frekwensi photon, dan h adalah konstanta planck. Sebuah photon sinar gamma, misalnya, bisa membawa lebih dari 100.000 kali energi satu photon dari cahaya tampak.

Ke halaman 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.