Penyebab Fatal Mengkonsumsi Miras Oplosan

miras oplosan

Miras oplosan sering masuk dalam pemberitaan di berbagai media. Ini karena para peminum miras oplosan banyak ditemukan dalam kondisi sakit parah, sebagian diantaranya mengalami kematian. Bahkan pasien miras oplosan yang sedang  dirawat di rumah sakit pun tak jarang mengalami kejadian fatal, yang berujung pada kematian.

Mengapa miras oplosan begitu berbahaya bagi tubuh ?!

Istilah miras oplosan adalah frase yang berasal dari kata “miras” dan “oplosan“, dimana kata “miras” merupakan singkatan dari “minuman keras”, dan “oplosan” adalah sinonim dari kata “campuran”.

Minuman keras memiliki konotasi pada senyawa organik alkohol, dan oplosan adalah campuran, misalnya campuran antara methyl alcohol dan ethyl alcohol (ethanol yang dicampur dengan methanol). Oplosan juga bisa berupa campuran antara methyl alcohol (methanol) dengan cairan-cairan perasa non-alkohol, yang membuat manis, dan sebagainya.

Metanol umumnya tersedia di pasaran, dan dijual dengan harga yang lebih murah daripada alkohol (etanol). Karena sifatnya yang juga memabukkan, maka metanol sering digunakan untuk menggantikan peran etanol sebagai minuman keras. Miras oplosan (minuman keras oplosan) merupakan hasil pencampuran antara alkohol (etanol) dan metanol beserta jenis minuman lainnya, atau antara metanol dan beberapa jenis minuman lain. Murahnya harga metanol menyebabkan zat kimia ini menjadi favorit untuk minuman keras murahan, namun memberi efek yang lebih berat daripada etanol.

Efek fatal dari mengkonsumsi miras oplosan sesungguhnya berasal dari senyawa organik methanol (methyl alcohol). Methanol adalah golongan senyawa organik alkohol yang memiliki rantai karbon paling pendek. Yang membahayakan bagi tubuh adalah tersintesanya senyawa baru “formalin” dan “asam format” akibat reaksi antara methanol dan oksigen di dalam darah.

Mengapa methanol berbahaya bagi tubuh?!

Methanol sesungguhnya tak berbahaya jika tak diminum atau dihirup. Dalam jumlah kecil dan sedang, kulit yang terkena methanol hanya berasa dingin. Orang-orang membersihkan wajah menggunakan methanol, yang disebut dengan istilah alkohol pembersih wajah. Methanol digunakan untuk disinfektan, sering digunakan untuk pembasuh luka dan mensterilkan berbagai peralatan kesehatan.

Ke halaman 2…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.