Cara Menghitung Berat Garam dalam Air Garam Murni

Garam (NaCl) adalah kristal senyawa kimia yang terbentuk dari ikatan ionik antara 1 atom unsur kimia natrium dan 1 atom unsur kimia klorin. Di alam, kristal garam dihasilkan dari proses penambangan dan proses evaporasi. Saat ini lebih dari 75% kebutuhan garam dunia dipenuhi melalui proses penambangan, sisanya melalui proses evaporasi brine (larutan garam jenuh hasil tambang) dan evaporasi air laut.

Air laut tak hanya mengandung NaCl, namun juga mengandung puluhan unsur-unsur kimia lain di dalamnya. Untuk memperoleh kristal garam yang mendekati kemurnian, diperlukan sejumlah proses kimia dan fisika terhadap bahan baku (air laut) yang akan dijadikan garam.

Kristal NaCl anhidrat (tak mengandung air) murni memiliki massa jenis 2,165 kg/liter, atau 2,165 g/ml. Untuk mengetahui kadar NaCl secara kasar bisa melalui proses penimbangan massa jenis suatu kristal garam.

Garam murni memiliki kelarutan yang hampir sama dalam rentang suhu yang lebar. Grafik dibawah menampilkan kelarutan NaCl dalam 100 ml pada rentang suhu antara 00C – 1000C.

Gbr 1. Kelarutan Garam NaCl berdasarkan suhu larutan

Dari grafik di atas terlihat bahwa kelarutan NaCl dalam berbagai suhu membentuk garis linier, dengan gradien (kemiringan) yang sangat kecil. Kelarutan NaCl dalam 100 ml air pada suhu 00C sebesar 351 g/L, pada suhu 200C sebesar 352 g/L, pada suhu 1000C sebesar 359 g/L. Dapat dikatakan bahwa kelarutan NaCl bersifat nyaris stabil dalam berbagai rentang suhu.

Hubungan Berat Jenis Air Garam dengan Skala Baume

Skala baume (Be) adalah skala yang digunakan untuk menghitung berat jenis suatu cairan kimia, pada suhu 160C. Meskipun kurang akurat, namun karena kepraktisannya, alat ini juga sering digunakan untuk menimbang berat jenis larutan garam yang diperoleh dari penguapan air laut. Namun skala Be tak sama persis dengan rumusan berat jenis yang mendasarkan pada hukum Archimedes.

Untuk mengetahui berat jenis suatu skala Be, kita harus menggunakan formula konversi nilai Be ke berat jenis, seperti rumusan di bawah ini :

Dari rumus di atas, berat jenis suatu larutan garam bisa ditentukan dengan mudah jika Be nya telah diketahui. Misalnya, pada timbangan yang menunjukkan skala Be 2, maka berat jenisnya = 1,014 kg/L, demikian seterusnya. Pengertian lebih lengkap tentang skala baume bisa dibaca pada link   https://bestekin.com/2017/12/11/hubungan-antara-skala-alat-ukur-baume-dan-berat-jenis-suatu-cairan/.

Ke halaman 2…

Tinggalkan Balasan