Peluang Besar Usaha Produksi KCl dari Air Laut

Kalium / potasium merupakan nutrisi terpenting ke-2 bagi pertumbuhan tanaman, setelah nitrogen. Kalium memainkan peranan sangat penting pada tanaman, seperti dijelaskan pada link https://bestekin.com/2018/04/07/kcl-sebagai-senyawa-kimia-yang-sangat-penting-bagi-tanaman/.

Hingga saat ini kebutuhan kalium dalam negeri masih diperoleh melalui importasi dari berbagai negara. Di tahun 2008 Indonesia mengimpor hampir 2 juta ton KCl untuk kebutuhan akan pupuk tanaman (https://industri.kontan.co.id/news/kebutuan-pupuk-80-masih-harus-impor). Dengan kenaikan permintaan tiap tahunnya, diperkirakan tahun 2018 kebutuhan KCl untuk pupuk mendekati 4 juta ton.

Tak seperti garam (NaCl) yang selalu ramai diberitakan setiap tahunnya, pemenuhan akan KCl dalam negeri hampir tak pernah menarik untuk diberitakan. Ini disebabkan karena garam juga diproduksi di dalam negeri (melalui petambak garam rakyat dan PT. Garam), sedangkan kebutuhan kalium 100% dipenuhi melalui impor (karena memang belum ada yang memproduksi).

Namun jika dibanding dengan garam, besaran angka devisa yang dibutuhkan untuk impor kalium menghabiskan hampir USD 2 milyar (Rp 25 trilyun) per tahun. Ini karena harganya yang nyaris 10 kali harga garam.

Mengapa Tidak Ada Produksi Kalium dalam Negeri?!

Senyawa kalium yang diimpor semuanya diperoleh dari penambangan, sedangkan mineral tambang yang mengandung kalium di Indonesia sangat terbatas, dan hanya mengandung kalium berkadar rendah.

Apakah Kalium Bisa Diproduksi di Dalam Negeri?!

Senyawa kalium ditemukan secara masif di air laut, dimana setiap 1 ton air laut mengandung sekitar 0,71 kg KCl. Kandungan ini cukup besar dan sangat layak untuk diproduksi.

Bagaimana memproduksi KCl?!

Kalium di air laut berupa ion, yang jika dimurnikan dan di kristalisasi akan menjadi senyawa KCl (kalium klorida). Untuk memperoleh KCl, proses produksi harus dilakukan dalam suatu siklus NaCl-KCl, dimana KCl diperoleh setelah pemurnian dan kristalisasi NaCl.

Proses produksi KCl dari air laut merupakan satu kesatuan dari proses pengolahan air laut, dimana produk KCl dihasilkan pada tahap akhir (setelah prosdes kristalisasi garam NaCl). Artinya, produksi KCl adalah bagian dari proses pemurnian NaCl.

Dengan harga yang sangat menarik dan jumlah kebutuhan dalam negeri yang sangat besar, maka usaha produksi KCl merupakan potensi usaha baru yang sangat menjanjikan untuk dilakukan. Bestekin.com telah berhasil mengekstrak KCl dari air laut, dimana proses ekstraksi merupakan salah satu langkah dalam proses pemurnian garam (NaCl).

Tinggalkan Balasan