Transportasi berbiaya tinggi tak hanya menyangkut ketaktersediaan infrastruktur, namun juga disebabkan lemahnya inovasi sains dan teknologi anak bangsa. Indonesia terdiri dari ribuan pulau, yang sebagian besar diantaranya berupa pulau-pulau kecil, bahkan sebagian tak berpenghuni.

Contoh persoalan terjadi di sebagian besar dari kepulauan Maluku, dengan ratusan pulau-pulau kecil di dalamnya. Sebagian dari pulau hanya digunakan untuk perkebunan, atau tanaman keras. Persoalannya, minimnya infrastruktur jalan dan dermaga menyebabkan munculnya transportasi berbiaya tinggi.

 

Bayangkan, seseorang yang memanen kopra di suatu pulau sangat kecil, akan kesulitan membawa hasil ke pasar terdekat. Untuk menuju pulau kelapanya, yang bersangkutan harus menyeberang menggunakan perahu kecil atau boat, kemudian panen dan membawa hasilnya ke boat atau perahu secara manual, selanjutnya bersama perahu menyeberang menuju pulau yang menampung hasil panen. Saat telah sampai ke pulau tujuan, hasil panen harus dibongkar dari perahu, dipindahkan ke sarana transportasi darat, yang selanjutnya di bawa ke pasar tujuan. Banyaknya tahapan kegiatan inilah yang membuat biaya transportasi menjadi sangat tinggi.

Melihat kecil-kecilnya luasan beberapa pulau, maka pembangunan infrastruktur terlihat mungkin mubazir. Langkah yang tepat adalah pengembangan sarana transportasi alternatif, yang bisa dijadikan sebagai sarana transportasi multiguna di pulau-pulau tersebut.

Pemerintah tak mungkin membangun infrastruktur di pulau-pulau sangat kecil, bahkan di pulau-pulau tak berpenghuni. Disinilah perlunya inovasi teknologi, dalam rangka pengembangan sarana transportasi yang tepat dan murah. Pihak swasta atau yang sedang membuka usaha-usaha manufaktur baru harus melihat permasalahan ini sebagai peluang, bukan hambatan.

Tingkat penjualan sepeda motor di Indonesia adalah salah satu tertinggi di dunia. Namun pengembangan inovasi sepeda motor sebagai alternatif transportasi sungai dan maritim belum berkembang.

Pengembangan sarana trasportasi alternatif atau sarana transportasi khas, memiliki banyak manfaat sebagai berikut :

  • Inovasi teknologi bermanfaat bagi banyak hal, khususnya peningkatan kemajuan ekonomi lokal dan nasional.
  • Rancang bangun yang dilakukan akan membuka peluang industri manufaktur baru bagi anak bangsa, yang sekaligus memperkuat basis sains dan teknologi nasional.

Keberanian memulai sesuatu yang baru, khususnya berkaitan dengan sains dan teknologi, adalah salah satu keunggulan suatu bangsa, dalam hal sumber daya manusia pada bangsa tersebut. Kurangi konsumsi politik, perbanyak karya sains dan aplikasi teknologi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *