Berapa Sebenarnya Jumlah Massa Reuni Alumni 212 ?

Berapa sebenarnya jumlah massa reuni alumni 212 yang diadakan pada tanggal 2 Desember 2018 ? Meskipun telah lama usai, namun acara reuni alumni 212 masih menyisakan perdebatan, khususnya berkaitan dengan perbedaan jumlah massa yang hadir.

Sekelompok orang mengatakan bahwa jumlah massa yang menghadiri acara tersebut mencapai 1 juta orang. Kelompok lainnya mengatakan 7 juta orang, ada yang mengatakan 11 juta orang. Terakhir Prabowo mengklaim bahwa peserta yang datang pada acara reuni 212 mencapai 13 juta orang.

Kelompok yang lain mengatakan bahwa massa yang datang tak sampai 1 juta orang, ada juga yang mengatakan hanya 500 ribu orang, dan ada juga yang mengklaim massa yang hadir hanya 40 ribu orang.

Berapa sebenarnya jumlah massa reuni 212 yang menghadiri acara tersebut?!

Perdebatan yang tak kunjung usai ini muncul dan belum berakhir karena konten yang diusung adalah politik, sehingga kebanyakan asumsi yang dilontarkan memunculkan subjektifitas belaka.

Akibatnya rakyat yang jadi bingung, bertanya-tanya, berapa sebenarnya jumlah massa yang hadir?!

Sains dan Teknologi Sebagai Solusi Menghitung Massa dalam luasan tertentu

Sains dan aplikasi teknologi sebetulnya bisa menjawab semua perdebatan yang tak jelas ukurannya tersebut. Aplikasi teknologi bisa menampilkan ukuran luas area yang dijadikan ajang reuni, salah satunya penggunaan koordinat untuk menghitung luasan area.

Asumsi luasan rata-rata tubuh peserta (yang rata-rata orang Indonesia dewasa) bisa mengukur, setidaknya melalui pendekatan, bahwa untuk orang-orang dewasa, ukuran luas 1 m2 hanya mampu diisi oleh sekian orang.

Faktor jumlah orang per m2 ini, jika dikalikan dengan luasan area yang digunakan, akan menghasilkan output jumlah peserta yang hadir.

Dengan nilai pendekatan atas dan bawah yang dibagi 2, akan ditemukan rata-rata jumlah peserta yang hadir.

Lantas apakah kita perlu datang ke lokasi untuk mengukur luasan area tempat diadakannya reuni alumni 212 tersebut?!

Jawabannya, tentu saja tidak.

Metoda pengukuran luas suatu bidang datar yang paling akurat saat ini adalah menggunakan alat GPS. Google Maps bekerja menggunakan satelit GPS, baik dalam pengukuran jarak lurus, panjang jalan, dan luasan bidang datar.

Google Map Sebagai Alat Pengukur Luas Area

Google sebenarnya telah lama merilis cara mengukur jarak maupun luas, tentu saja melalui google map. Dengan google map, kita bisa mengukur luasan suatu area dengan akurat, dimana pun area tersebut berada, tentu saja area yang berada di bumi.

Anda bisa mengukur luas rumah tempat anda berada, dan bandingkan luasan yang anda ukur via google map dengan luasan yang tertera di sertipikat tanah atau rumah anda.

Untuk menggunakan google map sebagai instrumen pengukur luas Monas, anda bisa mengikuti cara-cara berikut :

1. Pertama, Anda harus masuk dulu ke akun google yang anda miliki.

2. Setelah masuk, klik link berikut : https://www.google.com/maps/d/, hasilnya menjadi gambar seperti berikut ini :

Gambar 1. Tampilan dari https://www.google.com/maps/d/

 

3. Selanjutnya, klik kotak merah di pojok kiri atas dari gambar 1, seperti gambar berikut ini :

 

Gambar 2. Ikon Pembuatan Peta Baru Google Map

 

Setelah anda klik tulisan “CREATE A NEW MAP” seperti gambar 2 di atas, maka tampilan akan berubah menjadi :

 

Gambar 3. Tampilan kotak pencarian alamat google map

4. Langkah selanjutnya adalah, kita menuliskan tempat/alamat yang akan kita ukur luasannya.

Karena dalam postingan ini kita membicarakan bagaimana cara menghitung jumlah massa yang menghadiri acara reuni alumni 212 di Monas, maka di dalam kotak pencarian di pojok kiri atas dari tampilan pada gambar 3, kita menuliskan kata MONAS.

Selanjutnya klik kiri lambang pencarian, atau tekan enter. Maka gambar akan berubah menjadi seperti di bawah ini :

 

Gambar 4. Hasil setelah penulisan kata “Monas” di kotak pencarian

 

5. Setelah di klik enter hasil isian alamat Monas Gambir, gambar selanjutnya akan berubah menjadi seperti berikut ini :

 

 

Gambar 5. Peta hasil pencarian “Monas” 

 

6. Tiba saatnya kita melakukan pengukuran luas. Untuk memulai pengukuran luas, kursor kita arahkan ke bagian atas kiri, yang terdapat ikon gambar seperti mistar (penggaris), kemudian klik lambang mistar (penggaris) tersebut.

Setelah anda klik kiri ikon mistar (penggaris) di mouse, maka tanda di ikon mouse berubah menjadi (+).

7. Arahkan tanda plus (+) ini ke garis area yang akan kita ukur luasannya.

Untuk memperjelas agar pengukuran akurat, kita bisa memperbesar gambar area yang akan di ukur, baru kemudian kita lakukan pengukuran. Klik awal pengukuran persis di garis tanda batas area yang akan kita ukur.

8. Tarik kursor menyusuri garis area yang sedang di ukur, sembari dilakukan klik kiri.

Untuk garis batas yang tak lurus, proses penempatan tanda plus (+) bisa dilakukan secara berdekatan, agar semua bidang ter cover.

9. Setelah semua batas tercover oleh titik-titik yang dibuat oleh kursor, maka akhiri kursor dengan cara menimpa titik awal (tanda + berubah menjadi ikon tangan pada kursor) , dan lakukan klik kiri pada mouse. Setelah proses ini, google akan menampilkan total jumlah jarak dan luas bidang yang sedang di ukur.

Bagaimana dengan luasan Monas?

Sekarang kita akan mempraktekkan pengukuran Monas menggunakan google maps. Pertama, kita akan mengukur semua luas Monas, terhitung juga trotoar yang berada di luar pagar Monas.

Gambar 6. Hasil pengukuran keliling dan luas Monas menggunakan google map

Gambar di atas memperlihatkan hasil pengukuran total luas Monas, dimana jarak keliling Monas sepanjang 3,55 km, dan luas = 0,737 km2 = 73,7 hektar. Luas 73,7 km2 ini hampir mendekati angka yang dikatakan oleh Anies Baswedan dalam salah satu wawancaranya, yang mengatakan bahwa luas Monas = 80 hektar.

Luas 73,7 hektar ini sudah termasuk trotoar luar dan lapangan parkir IRTI Monas.

Lantas berapa luasan yang digunakan oleh massa reuni 212?Apakah lokasi rumput-rumput dan pepohonan masuk dalam okupasi pada acara tersebut?

Untuk memastikan pendekatan luasan area yang digunakan selama acara reuni 212 tahun 2018 ini, kita bisa menggunakan foto-foto yang diambil oleh drone, khususnya saat acara dilangsungkan.

Gambar 7. Tampak udara peserta reuni 212 via drone

Dari tampilan foto di atas, dapat dikatakan bahwa untuk kawasan Monas, ternyata peserta reuni 212 sangat tertib, dengan hanya menduduki lahan-lahan non hijau. Artinya taman dan rerumputan tak termasuk dalam area yang diokupasi oleh peserta.

Karena area-area yang dipenuhi oleh massa tampak saling berhubungan, yang mana area-area tersebut berupa jalan yang berhubungan antara atu ruas dengan ruas lainnya, maka kita pun bisa menghitung luasannya dalam 1 x perhitungan, lagi-lagi menggunakan google maps, dengan cara yang sama.

Gambar 8. Hasil pengukuran luas jalan-jalan di dalam area Monas

Dari gambar di atas, terlihat pengukuran menghasilkan keliling area di dalam Monas tempat massa berada sepanjang 4,71 km, dengan luas 19,6 Hektar. Gambar di atas tak memperhitungkan pemotongan luas area hijau di tengah-tengah jalan masuk ke monas, yang jika dipotong akan mengurangi luasan area massa.

Nilai luasan 19,6 Ha di atas belum dikurangi oleh luas area tugu, dimana pada foto udara, terlihat bahwa tugu Monas tak diduduki oleh massa peserta alumni 212.

Untuk mengukur luasan tugu Monas, kita pun bisa melakukan hal yang sama.

Gambar 9. Hasil pengukuran luas tugu Monas

Untuk memastikan luasan total area yang ditempati massa, kita harus memotong dengan luas tugu Monas yang tak diduduki oleh massa.

Dari gambar 9 di atas, kita melihat bahwa khusus untuk tugu Monas, hasil pengukuran menggunakan google map menampilkan luas tugu Monas = 1,96 Ha.

Maka luas area total di dalam tugu Monas yang ditempati oleh massa reuni 212 pada tahun 2018 adalah = 19,6 Ha – 1,96 Ha = 17,64 hektar.

Akan tetapi, melalui youtube, beberapa hasil pengamatan menggunakan drone memperlihatkan tak hanya wilayah dalam Monas yang ditempati oleh massa, namun sebagian massa juga memenuhi jalan hingga tugu air mancur BI dan patung Arjuna Wiwaha di Jalan MH. Thamrin.

Oleh karena itu, kita pun harus menghitung luasan jalan di wilayah tersebut, tentu sekali lagi menggunakan google maps sebagai pemandu.

Hasil pengukuran luas jalan + trotoar di Kolam air mancur Bank Indonesia dan kawasan sekitarnya,memperlihatkan luas area = 2,90 Hektar.

Jika area ini ditambahkan bersama kawasan Monas, maka total luas area yang ditempati oleh massa 212 = 17,64 Ha + 2,90 Ha = 20,54 hektar.

Jadi acara reuni 212 yang dilakukan pada 2 Desember tahun 2018 menempati lahan terbukas seluas 20,54 hektar.

Lantas berapa jumlah massa reuni 212 yang menghadiri acara tersebut ?

Untuk menghitung jumlah massa, kita harus mengkonversi satuan luas hektar ke meter persegi (m2), dimana 1 hektar = 10.000 m2.

Setelah dikonversi ke meter persegi, diperoleh luas area tempat diadakannya acara reuni alumni 212,  = 20,54 x 10.000 m2 = 205.400 m2.

Sekarang pertanyaannya, berapa jumlah massa per m2?

Untuk memperkirakan jumlah massa (meskipun akan ditemukan galat), kita bisa memperkirakan berdasarkan survey, baik yang dilakukan sendiri, maupun yang dilakukan oleh lembaga-lembaga lain.

Hasil survey beberapa lembaga, orang Indonesia dengan postur yang rata-rata memiliki tinggi 165 cm dan ukuran celana 30, 1 m2 maksimum dipenuhi oleh 7 orang, dengan catatan jumlah 7 orang per m2 ini hampir tak bergerak sama sekali. Kondisi ini mirip di dalam KRL saat dipenuhi oleh para penumpang.

Kondisi dimana masih memungkinkan adanya pergerakan orang dengan cara pemaksaan (dari orang yang akan bergerak), 1 m2 ditempati oleh 4-5 orang.

Kondisi padat dengan masih memungkinkan adanya mobilitas terbatas dalam kerumunan massa, sebagian bisa duduk bersila dan sebagian bisa jalan pelan, 1 m2 ditempati oleh maksimum 2 orang saja.

Untuk memperkirakan jumlah massa reuni 212 per m2, anda bisa melihat video drone pada acara tersebut, apakah massa sulit bergerak, atau bisa bergerak terbatas.

Dari asumsi jumlah orang per m2, dikalikan dengan luas area 205.400 m2, kita akan menemukan perkiraan terdekat jumlah massa reuni 212.

Misalnya, jika diasumsikan 1 orang per m2, maka jumlah massa reuni 212 = 1 x 205.400 = 205.400 orang peserta.

Jika anda mengasumsikan 2 orang per m2, maka jumlah massa reuni 212 = 2 x 205.400 = 410.000 orang peserta.

Mengenai jumlah massa total yang di dasarkan asumsi jumlah orang per meter persegi, setiap orang mungkin memiliki subjektifitas tersendiri. Namun subjektifitas tersebut tak mungkin hyperbola, karena sangatlah tak mungkin luasan 1 meter persegi dihuni oleh 10 orang.

Namun mengenai luas area yang digunakan pada saat aksi massa reuni alumni 212 di tanggal 2 Desember tahun 2018, peran subjektifitas sudah dibatasi oleh objektifitas, yang dihasilkan oleh pengukuran luas menggunakan metode GPS dari Google Maps.

Anda ingin mencoba sendiri? Silakan klik link  https://www.google.com/maps/d/, tentunya setelah anda masuk terlebih dahulu ke akun google anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *