Ini Perbedaan Esemka dan Mobil Timor

Perbedaan Esemka dan Mobil Timor

Esemka dan mobil timor adalah 2 jenis nama kendaraan yang sempat menggemparkan Indonesia.

Sejak ikut dipromosikan oleh Joko Widodo, segala hal yang menyangkut mobil Esemka menjadi identik dengan Jokowi. Berita dan isu tentang mobil Esemka pun menjadi amunisi bagi kubu yang berlawanan dengan Joko Widodo.

Serangan yang mengkait-kaitkan Jokowi dengan mobil Esemka makin marak mendekati waktu pilpres tahun ini. Apakah mobil Esemka punya hubungan dengan Jokowi?

Ternyata jawabannya hanya satu ; Mobil Esemka tak berhubungan sama sekali dengan Presiden RI, Joko Widodo. Mobil Esemka sama sekali bukan program pemerintah, tak menggunakan dana pemerintah, dan tak mendapatkan proteksi apapun dari pemerintah.

Sejarah Mobil Timor alias KIA

Indonesia pernah mencanangkan program mobil nasional, dan ini terjadi di masa Orde Baru. Langkah awal dimulai melalui pengembangan prototipe, yang akhirnya berhasil dirilis oleh konsorsium BUMN Industri strategis waktu itu.

Dibawah komando Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menristek, konsorsium industri strategis pada tahun 1994 melahirkan prototipe mobil nasional yang diberi nama Maleo.

Namun entah mengapa, hasil karya BUMN strategis ini bisa dikalahkan oleh sebuah perusahaan baru, yang jangankan pabrik, bahkan obeng pun belum punya.

Menggunakan instrumen kekuasaan, Jenderal Suharto yang merupakan presiden saat itu, menunjuk langsung putra nya sebagai pelaksana program mobil nasional. Ya, Tommy Suharto lah yang ditunjuk melalui bendera PT. Timor Putra Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *