Benarkah Kemampuan Perang Indonesia Hanya Bertahan 3 Hari?

Benarkah Kemampuan Perang Indonesia Hanya Bertahan 3 Hari? Saat Jokowi-JK mulai menjabat, pemerintah menempuh kebijakan progresif di bidang pertahanan.

Pemerintah fokus pada peningkatan kemampuan ALUTSITA melalui belanja besar-besaran, baik yang berasal dari impor, maupun persenjataan yang dibuat di dalam negeri.

Salah satu pemasok terbesar alutsista TNI adalah PT. PINDAD, yang memasok persenjataan ringan dan sedang. Mulai dari senapan serbu hingga panser.

PT. Dirgantara Indonesia dan PT. PAL Surabaya menjadi salah satu pemasok pesawat-pesawat militer dan kapal-kapal perang RI.

Di bawah ini ditampilkan data alokasi APBN yang digunakan untuk pertahanan Indonesia.

 

Grafik Anggaran Kementerian Pertahanan RI tahun 2011 – 2017

Dari grafik di atas terlihat peningkatan yang tajam dan secara konsisten terhadap anggaran pertahanan RI, dimana porsi pertahanan merupakan nomor 1 dari pengguna APBN terbesar, hingga tahun 2019 sekarang.

Porsi terbesar untuk anggaran pertahanan ini digunakan sebagian untuk belanja alutsista, sebagian lainnya untuk kesejahteraan prajurit TNI.

Saat ini kemampuan perang Indonesia meningkat tajam, di mana kita sudah masuk negara yang memiliki kekuatan pertahanan nomor 15 dunia.

Beberapa terobosan luar biasa dilakukan oleh TNI maupun Kementerian Pertahanan. Pengadaan 1 skuadron SUKHOI SU 35 Flanker merupakan revolusi dalam sistem pertahanan udara Indonesia. Diperkirakan tahun ini secara bertahap pesawat-pesawat tempur SU 35 mulai memasuki wilayah udara Indonesia.

Pesawat tempur SU 35 adalah pesawat tempur siluman yang saat ini tercanggih di dunia. Kemampuan manuver yang luar biasa membuat pesawat tempur ini sangat ditakuti oleh pesawat tempur jenis lain.

SU 35 telah teruji di Timur Tengah, saat Rusia membantu Syria menumpas perlawanan ISIS.

Adapun apa yang dikatakan Prabowo berasal dari Jenderal Ryamizard, yang bersangkutan mengatakan ini sudah lebih dari 10 tahun yang lalu, saat Joko Widodo masih menjabat sebagai Walikota Solo.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *