Supermoon malam ini (19 Februari 2019) menjadi yang terbesar pada tahun 2019. Jarak antara bulan dan bumi malam ini hanya 356.846 km . Supermoon adalah bulan baru atau purnama yang bertepatan erat dengan perigee, titik terdekat antara bulan ke Bumi dalam orbit bulanannya.

Menurut definisi asli supermoon yang diciptakan oleh Richard Nolle pada 1979 , bulan purnama atau bulan baru terjadi pada jarak antara titik tengah bumi dan bulan yang maksimum 90 persen dari jarak rata-ratanya.

Dengan kata lain, setiap bulan purnama yang mencapai 224.775 mil atau 361.740 km (atau kurang) dari bumi, adalah sebuah supermoon.

Tahun ini, pada tahun 2019, bulan pada titik terdekatnya dengan Bumi berada sejauh 356.761 mil (356.761 km) jauhnya. Pada titik ini, bulan dikatakan mendekati 100 persen dari pendekatan terdekatnya untuk tahun ini.

Pada 2019, bulan pada titik terjauhnya berayun ke 252.622 mil (406.555 km) dari Bumi. Pada saat itu, bulan dikatakan berada pada 0 persen dari pendekatan terdekatnya.

Setelah malam ini, serangkaian supermoon muncul di Indonesia pada tanggal 21 Maret, 1 dan 30 Agustus, serta tanggal 28 September pada tahun ini.

Secara visual sulit melihat perbedaan antara supermoon dengan perigee bulan purnama biasa, meskipun pengamat berpengalaman mengatakan mereka dapat mendeteksi perbedaan.

Namun yang pasti supermoon terlihat lebih cerah dari bulan purnama biasa. Diameter sudut supermoon sekitar 7 persen lebih besar dari ukuran rata-rata purnama, dan 14 persen lebih besar dari diameter sudut bulan mikro (bulan purnama terjauh dan terkecil).

Supermoon Menyebabkan Naiknya Pasang Air Laut

Makin dekatnya jarak antara bumi dan bulan, ditambah gaya gravitasi dari matahari, menyebabkan permukaan air di laut naik dan mengembang. Supermoon pada malam ini akan diikuti oleh naiknya permukaan air laut.

Ditambah musim angin barat yang kencang dan curah hujan yang tinggi, kemungkinan supermoon malam ini membawa pengaruh pada pasang air laut yang tinggi.

Penduduk atau nelayan yang berada di pantai atau di laut diharap waspada akan besarnya gelombang laut pada malam hari ini.