Bahaya Boraks Bagi Kesehatan

Bahaya boraks bagi kesehatan sebetulnya tak terlalu signifikan dibanding masivnya pemberitaan tentang senyawa kimia ini. Dibanding bahaya yang ditimbulkan, kegunaan boraks justru lebih signifikan dalam kehidupan. Namun pada artikel ini tim bestekin menampilkan beberapa persoalan kesehatan yang bisa ditimbulkan jika kita mengkonsumsi boraks secara berlebihan.

Boraks sadalah senyawa kimia mineral yang memiliki rumus kimia Na2B4O7. Boraks yang tersedia di pasaran terdiri dari borax pentahydrate Na2B4O7·5H2O dan borax decahydrate Na2B4O7·10H2O. Boraks berasal dari alam, dimana inti dari senyawa ini adalah unsur kimia Boron.

Di alam, boraks ditemukan dalam mineral batuan, yang bisa ditambang secara komersil. Boraks juga ditemukan pada air laut dan semua produk garam konsumsi. Artinya setiap hari kita mengkonsumsi boraks, baik yang berasal dari garam, maupun dari makanan.

Makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran, selalu mengandung senyawa boron di dalamnya. Termasuk makanan hewani yang juga mengandung boron.

Bahaya Boraks Bagi Kesehatan

Orang-orang di sekitar pantai banyak menggunakan bleng, yang sebetulnya merupakan boraks dari sisa penuaan air laut. Namun mengkonsumsi boraks secara berlebihan bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Bahaya boraks bagi kesehatan tak sampai menyebabkan kematian mendadak seperti jika mengkonsumsi bahan-bahan kimia berbahaya lainnya.

Orang kadang-kadang bingung membedakan antara natrium tetraborate – bahan utama dalam boraks – dan asam borat, yang memiliki sifat serupa. Asam borat, bagaimanapun, biasanya digunakan secara eksklusif sebagai pestisida dan jauh lebih beracun daripada natrium tetraborat, sehingga harus ditangani dengan perawatan khusus.

Meskipun boraks mungkin alami, tidak berarti senyawa kimia ini sepenuhnya aman. Borax sering kali masuk dalam kotak dengan label peringatan yang memperingatkan pengguna bahwa produk itu menyebabkan iritasi mata dan mungkin berbahaya jika tertelan. Sementara orang-orang sebagian besar terpapar boraks di rumah mereka, mereka mungkin juga menjumpainya di tempat kerja, seperti di pabrik atau di pertambangan boraks dan pabrik penyulingan.

Beberapa lembaga kesehatan dunia telah menemukan bahwa boraks telah dikaitkan dengan beberapa efek kesehatan yang merugikan pada manusia.

Gangguan yang ditimbulkan akibat konsumsi boraks berlebihan :
Boraks bisa menyebabkan iritasi kulit atau mata

Meskipun boraks digunakan untuk pengobatan mata yang terkena infeksi akibat kuman atau virus, namun jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi mata. Pada kulit yang sensitif, sentuhan boraks bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi.

Boraks yang termakan menyebabkan mual dan muntah

Boraks yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan mual, pusing, dan muntah-muntah. Efek ini sering diikuti oleh diare.

Konsumsi boraks berlebihan menyebabkan gangguan hormon

Paparan boraks yang tinggi (dan asam borat) diyakini mengganggu hormon tubuh. Senyawa ini dapat mengganggu reproduksi pria, mengurangi jumlah sperma dan libido. Pada wanita, boraks dapat mengurangi ovulasi dan kesuburan.

Boraks cepat terurai oleh tubuh jika tertelan dan terhirup. Para ilmuwan telah menghubungkan paparan boraks – bahkan dari kosmetik – dengan kerusakan organ dan keracunan serius.

Boraks bisa menyebabkan kematian pada anak

Jika seorang anak kecil menelan 5 hingga 10 gram boraks, mereka mungkin mengalami muntah, diare, syok, dan bisa menyebabkan kematian. Anak-anak kecil dapat terkena boraks melalui transfer tangan ke mulut, terutama jika mereka bermain dengan lendir yang dibuat dengan boraks atau merangkak di lantai yang mengandung senyawa ini.

Dosis fatal paparan boraks untuk orang dewasa diperkirakan 10 hingga 25 gram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *