Cara Membuat Sodium Sulfat Menggunakan Garam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sodium sulfat. Ada beberapa senyawa kimia yang bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan sodium sulfat. Bahan-bahan kimia yang sering digunakan ; garam (NaCl), soda api (NaOH), dan soda kue (NaHCO3).

Dari ke-3 jenis bahan kimia di atas, penggunaan garam sebagai bahan baku merupakan pilihan termurah dalam pembuatan sodium sulfat. Namun yang perlu diperhatikan, garam yang digunakan harus memiliki kandungan NaCl tinggi, minimum memiliki persentase sebesar 97%.

Adapun bahan baku lain untuk membuat sodium sulfat adalah asam sulfat (H2SO4) pekat, yang umumnya memiliki konsentrasi 98%.

Sodium sulfat digunakan sebagai bahan baku untuk pemurnian garam, khususnya untuk pembuatan garam industri dan farmasi. Sodium sulfat juga digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan senyawa sodium sulfida, bersama dengan karbon.

Garam bereaksi dengan asam sulfat, menghasilkan senyawa sodium sulfat dan HCl. Reaksi kimianya seperti berikut ini :

2 NaCl  +  H2SO4  ===>   Na2SO4  +  2 HCl

Reaksi di atas berlangsung secara eksotermik, yang menyebabkan munculnya panas dan uap dari HCl. Jadi reaksi antara garam dan asam sulfat akan menghasilkan senyawa Na2SO4 dan asam klorida (HCl).

Uap HCl yang keluar dari tabung reaksi harus disuling ke dalam air di luar wadah reaksi, dengan pemberian tekanan udara yang dimasukkan ke media pereaksi. Saat uap HCl memasuki air, maka HCl pun larut, menghasilkan larutan HCl encer.

Wadah reaksi yang digunakan untuk proses membuat sodium sulfat sebaiknya terbuat dari plastik yang tahan panas. Tabung titanium juga bisa digunakan. Namun penggunaan peralatan logam lain, misalnya stainless steel, tak boleh dilakukan dalam proses ini.

Stainless steel, dengan kelas apapun, tak mampu menahan oksidasi dari HCl. Stainless steel mengandalkan lapisan krom oksida sebagai lapisan pasif yang tahan terhadap oksidasi. Namun oksida krom dapat dengan mudah larut dalam HCl, baik HCl pekat maupun yang encer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *