Cara Membuat HCl Menggunakan Garam

Secara umum, cara membuat HCl dilakukan menggunakan elektrolisa air garam, yang hasil akhirnya berupa senyawa NaOH dan asam klorida (HCl). Metode elektrolisa ini sering dinamakan “chlor-alkali”, dan pabriknya dinamakan “chlor-alkali plant”.

Proses elektrolisa untuk menghasilkan HCl tentu memerlukan investasi yang besar, mulai dari pengadaan peralatan maupun pengadaan sumber daya manusia yang ahli di bidang ini.

Namun ada cara alternatif untuk membuat HCl, dengan bahan baku yang juga sama, yaitu garam. Alternatif cara membuat HCl sama dengan pabrik klor-alkali, juga menghasilkan 2 produk. Namun pada pabrik klor alkali menghasilkan NaOH (soda api) dan asam klorida, sedangkan metode alternatif menghasilkan asam klorida dan sodium sulfat (natrium sulfat).

Jika pabrik klor-alkali menggunakan proses elektrolisa, proses pembuatan HCl alternatif ini menggunakan reaksi kimia, antara kristal garam dan larutan asam sulfat.

Asam sulfat bereaksi dengan NaCl, menghasilkan larutan HCl dan senyawa natrium sulfat.

Reaksi yang terjadi sebgai berikut :

NaCl + H2SO4 ===>  Na2SO4  +  HCl 

Reaksi di atas adalah reaksi eksotermik, yang menyebabkan munculnya panas dan keluarnya gas HCl dari reaktor. Untuk melakukan proses ini, Anda harus menyiapkan peralatan yang berhubungan, misalnya reaktor yang terbuat dari tangki plastik atau titanium. Gas HCl yang keluar dari reaktor harus disuling ke dalam tangki yang juga terbuat dari bahan plastik.

HCl atau asam klorida adalah larutan asam anorganik dengan kegunaan yang sangat luas. HCl dipakai sebagai bahan baku di pabrik-pabrik yang membuat bahan kimia. HCl juga digunakan sebagai prekursor untuk berbagai produk rumah tangga.

HCl, karena luasnya bidang pemakaiannya juga mudah ditemukan di toko-toko yang menjual bahan bangunan. Larutan ini umumnya digunakan untuk membersihkan lantai keramik setelah pemasangan. Nama populer dari larutan ini adalah “air keras besi”, karena mudah melarutkan logam besi dan sejenisnya.

Secara ekonomis, pembuatan HCl dan Na2SO4 menggunakan bahan baku garam dan larutan asam sulfat memiliki biaya yang kompetitif dibanding pabrik klor-alkali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *